Jangan Dilewatkan, Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Memberikan Hampers Lebaran

5 menit membaca

Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan rekan-rekan. Di momen ini umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Semua orang yang merayakan sangat antusias menyambut datangnya hari raya Idul Fitri ini. 

Ada banyak kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat pada saat Lebaran, salah satunya adalah tradisi berbagi hampers. Tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala ini, masih dirayakan oleh masyarakat hingga saat ini. Bukan sekadar menjalankan tradisi, namun berbagi hampers juga dapat berarti berbagi kebahagiaan terhadap sesama.

Karena dianggap sebagai kegiatan yang positif, maka tradisi hampers ini terus dipertahankan oleh masyarakat. Kegiatan berbagi hampers ini biasa dilakukan beberapa hari menjelang tibanya hari raya Idul Fitri. Namun, ada pula orang yang berbagi hampers Lebaran beberapa hari setelah Idul Fitri. 

Jadi, kapan sebenarnya waktu yang tepat memberikan hampers Lebaran, berikut informasi yang bisa Anda simak. Namun, sebelum itu simak juga artikel 7 Jenis Tas Buat Sambut Hari Raya Lebaran Yuk, disimak!

Waktu yang Tepat untuk Berbagi Hampers Lebaran

Terdapat beberapa waktu yang disarankan untuk pengiriman hampers Lebaran, salah satunya satu minggu sebelum Lebaran (sumber: freepik) 

Dua minggu sebelum Lebaran tiba, biasanya produsen hampers dibanjiri orderan dari para pelanggan. Supaya bisa dikirim tepat waktu kepada penerima hampers, banyak orang yang sudah memesan hampers jauh-jauh hari sebelum waktu Lebaran tiba. 

Namun terkait waktu yang tepat kapan harus berbagi hampers Lebaran tidak ada kepastian. Hal ini tergantung pada preferensi dan prioritas dari masing-masing pemesan hampers. Namun ada beberapa saran waktu yang bisa jadi patokan Anda, berikut beberapa waktunya.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Imlek Unik untuk Klien dan Rekan Bisnis

1. Dua Minggu Sebelum Hari Raya Lebaran

Jika hampers Lebaran yang Anda berikan pada penerima berupa barang, Anda bisa mempertimbangkan waktu dua minggu sebelum atau H-14 Lebaran. Hal ini akan memungkinkan isi hampers dapat digunakan tepat pada saat momen Lebaran.

Dua minggu sebelum Lebaran juga memberikan fleksibilitas waktu yang baik bagi Anda sebagai pengirim. Dengan begitu Anda memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan, dan mengirimkan hampers dengan hati-hati tanpa perlu terburu-buru.

2. Satu Minggu Sebelum Lebaran

Waktu satu minggu sebelum Lebaran menjadi waktu yang pas untuk mengirim hampers Lebaran. Waktu satu minggu ini dianggap tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat untuk mengirim hampers Lebaran. Jika hampers yang Anda berikan berupa makanan, waktu ini bisa Anda pilih.

Namun, jika Anda mengirim hampers Lebaran melalui jasa pengiriman waktu ini tidak disarankan. Sebab menjelang Lebaran biasanya jasa pengiriman akan banyak pengiriman, sehingga ada kemungkinan paket Anda tidak datang tepat waktu pada pengirim.

3. Satu Hari Sebelum Lebaran

Jika waktu Anda terbatas, tidak ada salahnya memilih waktu satu hari sebelum Lebaran. Dengan waktu ini, nuansa hampers Lebaran akan tetap terasa, karena diberikan sebelum waktu Lebaran tiba.

Walaupun waktunya sangat mepet, namun hal ini justru menjadi nilai positif Anda di mata pengirim. Sebab di tengah kepadatan kegiatan, Anda tetap menyempatkan waktu untuk menyambung tali silaturahmi melalui hampers Lebaran.

4. Hari H Lebaran

Jika hampers ditujukan pada keluarga, memberikan hampers pada hari H Lebaran bisa jadi salah satu solusinya. Hampers dapat diberikan pada saat kegiatan halal bihalal atau saat kumpul keluarga. Pengiriman pada hari H Lebaran juga dapat mengurangi budget untuk pengiriman Hampers. 

Baca juga:  Wajib dibawa! 10 Travel kit penting yang harus kamu punya

Pengiriman hampers pada Hari Raya Idul Fitri bisa menjadi kejutan yang sangat menyenangkan bagi penerima, terutama jika mereka tidak mengharapkannya. Ini dapat menambah keceriaan dan kegembiraan di tengah-tengah perayaan.

5. Di Bulan Syawal

Mengirim hampers Lebaran selama bulan Syawal dapat memperpanjang semangat perayaan setelah Hari Raya Idul Fitri berlalu.  Hal ini memungkinkan penerima untuk terus merasakan kehangatan dan kebahagiaan perayaan, menjadikannya momen yang berkesan.

Bulan Syawal sering kali masih diisi dengan kunjungan keluarga dan teman-teman yang merayakan Idul Fitri. Mengirim hampers Lebaran selama periode ini dapat menjadi cara yang baik untuk menyambut tamu atau memberikan hadiah kepada mereka yang berkunjung.

Keuntungan Mengirim Hampers Lebih Awal

Mengirim hampers lebih awal memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan (sumber: freepik)

Walaupun tidak ada ketentuan mengenai waktu yang pasti terkait pengiriman hampers, namun alangkah baiknya Anda mengirim hampers lebih awal. Hal ini bermaksud untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama pengiriman hampers. Berikut beberapa keuntungan dari mengirim hampers lebih awal.

1. Menghindari Keterlambatan

Mengirim hampers Lebaran lebih awal memungkinkan Anda untuk menghindari kepadatan lalu lintas pengiriman yang umumnya terjadi menjelang Hari Raya.

Dengan mengirimkan hampers lebih awal, Anda dapat memastikan bahwa paket tiba tepat waktu tanpa risiko keterlambatan akibat tingginya permintaan.

2. Memudahkan Persiapan Lebaran

Hampers yang diterima lebih awal, membuat pengirim lebih banyak waktu untuk mengerjakan kegiatan lainnya.

Pekerjaan tersebut, antara lain menyusun hidangan khas Lebaran, mempersiapkan rumah, dan mengatur segala sesuatu dengan lebih rapi.

3. Meminimalisir Risiko Akibat Kejadian Tak Terduga

Mengirim hampers Lebaran lebih awal dapat meminimalisir kejadian tak terduga yang tak diinginkan. Kejadian tak terduga itu dapat meliputi paket rusak dalam perjalanan, penerima tidak ada di tempat, dan lain-lain. 

Baca juga:  7 Rekomendasi Ukuran Kalender yang Ideal untuk Perusahaan

Dengan mengirim paket lebih awal, kejadian tak terduga tersebut dapat segera diatasi. Sehingga dengan begitu, hampers Lebaran Anda tetap dapat sampai tepat waktu di tangan penerima karena masalah cepat diatasi.

4. Menimbulkan Rasa Tenang

Menjelang Lebaran, orang akan disibukkan dengan banyak kegiatan. Dengan melakukan pengiriman hampers Lebaran lebih awal, kegiatan Anda akan tetap berjalan lancar karena tidak dipotong waktu pengiriman hampers.

Hal ini juga memungkinkan Anda mendapat ketenangan, karena satu persatu beban berkurang. Sehingga Anda dapat melakukan kegiatan lainnya dengan lebih leluasa.

5. Memungkinkan Pengirim Selalu Diingat

Mengirim hampers lebih awal juga memungkinkan penerima ingat dengan Anda. Hal ini dikarenakan banyak orang yang akan mengirim hampers Lebarannya satu sampai dua minggu sebelum Lebaran. 

Mengirim hampers Lebaran lebih awal, nama Anda akan berpotensi untuk terus diingat. Secara tidak langsung Anda juga akan dilihat sebagai orang yang memiliki perhatian tinggi pada penerima.

Itu dia informasi mengenai waktu yang tepat memberikan hampers Lebaran. Walaupun tidak ada waktu yang pasti terkait kapan waktu yang tepat, namun untuk menghindari hal-hal tidak terduga Anda disarankan mengirim hampers Lebaran lebih awal dan tidak mepet waktu.

Jika Anda sedang mencari inspirasi hampers, Anda dapat membaca artikel 7 Rekomendasi Hampers Lebaran untuk Keluarga dan Kerabat.

Untuk pemesanan hampers, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  Anda. Apabila berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat