Tips mengirim hampers Lebaran

Tips Aman Kirim Hampers Lebaran ke Luar Kota Hingga Sampai Di Tangan Penerima

5 menit membaca

Menjelang hari raya Idul Fitri tiba, jasa ekspedisi pengiriman akan dibanjiri dengan pengiriman ke berbagai kota. Paket-paket ini tidak hanya berasal dari pemilik toko online saja, melainkan juga dari masyarakat yang mengirimkan hampers Lebaran untuk kerabat dan keluarga. 

Hampers sifatnya cenderung personal, sehingga biasanya hampers Lebaran dikirimkan sendiri oleh pengirim pada penerimanya. Namun, dalam realitanya keadaan yang serba sibuk, seringkali membuat keluarga yang tinggal jauh sulit bertemu secara langsung saat Lebaran.

Oleh karena itu, di sinilah peran ekspedisi menjadi sangat penting. Pengiriman hampers Lebaran melalui jasa ekspedisi memungkinkan keluarga dan kerabat untuk tetap terhubung dan merayakan momen spesial bersama, meskipun berada di tempat yang berjauhan.

Sebelum memutuskan untuk mengirim hampers melalui jasa pengiriman, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal supaya paket aman sampai di tangan penerima. Berikut lima tips aman Mengirim hampers Lebaran keluar kota. 

Sebelum itu, simak juga 7 Rekomendasi hampers Lebaran untuk keluarga dan Kerabat di Kampung Halaman. Yuk, disimak!

Tips Aman Mengirim Hampers Lebaran Melalui Ekspedisi

Pastikan Anda menggunakan jasa kirim terpercaya, supaya hampers Lebaran Anda Aman sampai ke penerima (sumber: freepik) (drive)

Di zaman serba modern seperti saat ini, mengirim hampers Lebaran tidak lagi terbatas jarak dan waktu. Sebab, saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang bersedia mengantarkan hampers Anda ke berbagai kota. 

Walau begitu, dalam proses pengiriman hampers ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar barang tiba dengan selamat dan tepat waktu. Berikut adalah beberapa tips aman untuk mengirim hampers Lebaran.

1. Pastikan Anda Menggunakan Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Seiring maraknya belanja online di kalangan masyarakat, perusahaan jasa pengirimanpun kini juga semakin meningkat. Peningkatan jasa pengiriman ini memudahkan masyarakat untuk berkirim barang dengan kerabat atau keluarga yang jauh. 

Baca juga:  Apa Saja Alat Tulis Kantor Murah dan Berkualitas yang Wajib Ada di Meja Kerja?

Sebelum mengirim hampers, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya. Pilihlah jasa ekspedisi yang memiliki reputasi baik dan telah terbukti dapat mengirimkan barang dengan aman dan tepat waktu. Lakukan riset tentang berbagai layanan ekspedisi yang tersedia dan baca ulasan dari pelanggan sebelum membuat keputusan.

2. Kemas Hampers Seaman Mungkin

Sebelum diserahkan pada jasa pengiriman, pastikan hampers Lebaran Anda dikemas sebaik mungkin. Jika terdapat barang pecah belah, disarankan Anda menggunakan bubble wrap agar lebih aman. 

Untuk meminimalisir risiko kerusakan selama pengiriman, Gunakan bahan kemasan yang kokoh dan aman seperti kotak karton dan bahan pengaman tambahan seperti bubble wrap atau styrofoam untuk melindungi barang dari benturan.

3. Gunakan Asuransi Pengiriman

Beberapa jasa ekspedisi menawarkan layanan asuransi untuk pengiriman barang. Pertimbangkan untuk memilih layanan ini agar Anda mendapatkan perlindungan terhadap kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman.

Asuransi pengiriman juga berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti paket rusak atau paket hilang di jalan. Dengan begitu, jika terjadi hal-hal seperti di atas Anda bisa meminta klaim.

4. Kirim Dari Jauh-Jauh Hari

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pengiriman, disarankan Anda mengirim hampers Lebaran dari jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kepadatan pengiriman di momen Lebaran. 

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada hampers, Anda bisa dengan cepat menuntaskan masalahnya. Dengan begitu, paket tetap sampai tepat waktu di tangan penerima.

5. Pantau Terus Paket Anda Melalui Pelacakan Pengiriman

Pastikan untuk menggunakan layanan pelacakan pengiriman yang disediakan oleh jasa ekspedisi. Dengan melakukan pelacakan, Anda dapat memantau status pengiriman hampers Lebaran Anda secara real-time dan memastikan bahwa barang sampai dengan tepat waktu.

Baca juga:  10 Rekomendasi Kemasan Hampers Lebaran Sesuai Isinya

Dengan pemantauan secara rutin, Anda bisa melakukan komplain jika paket terlihat tidak bergerak atau terhenti di suatu tempat. 

Cara Mengemas Hampers yang Aman 

Pastikan Anda Menggunakan Kemasan Hampers Lebaran yang Kokoh dan Tahan Guncangan (sumber: freepik) (drive)

Sebelum menyerahkan hampers pada jasa pengiriman, pastikan hampers yang Anda kirim sudah terkemas dengan aman. Hal ini guna menghindari hal-hal tidak diinginkan selama paket berada dalam pengiriman, seperti barang rusak, pecah, dan lain-lain. Berikut beberapa cara mengemas hampers yang Aman. 

1. Gunakan Kemasan yang Kokoh dan Tahan Banting

Selama dalam perjalanan hampers akan sering mengalami guncangan. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir risiko paket rusak di jalan maka paket harus dikemas dengan kemasan yang kokoh dan tahan banting. 

Anda dapat memilih kemasan berupa kardus atau kayu untuk digunakan. Kardus dan kayu memiliki sifat yang kokoh dan tahan air. Dengan begitu, paket Anda akan terlindungi dengan aman. Anda juga dapat menambahkan karton dan busa sebagai pelapisnya.

2. Pastikan Tidak Ada Ruang atau Bagian yang Kosong saat Pengemasan

Penting untuk Anda memastikan tidak ada ruang kosong dalam pengemasan, demi menjaga keamanan paket selama proses pengiriman. Ruang kosong dalam paket dapat meningkatkan risiko kerusakan karena barang dapat bergerak atau bergesekan satu sama lain saat paket dipindahkan.

Pilih kotak pengemas yang sesuai dengan ukuran barang yang akan dikirim. Kotak yang terlalu besar dapat meninggalkan banyak ruang kosong di dalamnya, sedangkan kotak yang terlalu kecil dapat menyebabkan barang terjepit atau terlalu padat.

3. Gunakan Bubble Wrap Sebagai Pelapis 

Bubble wrap adalah pilihan yang tepat untuk melindungi barang dan mengisi ruang kosong dalam paket. Bubble wrap terbuat dari bahan plastik yang elastis dengan gelembung udara yang terperinci di permukaannya.

Baca juga:  7 Ide Desain Kaos Family Gathering yang Menarik dan Tidak Monoton

Melapisi paket dengan bubble wrap dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap benturan, guncangan, dan tekanan selama proses pengiriman. Pastikan setiap sisi barang tertutup dengan bubble wrap untuk memberikan perlindungan maksimal.

4. Gunakan Isi Tambahan

Gunakan bahan isi seperti kertas lipat, kerikil polistiren, atau gabus untuk mengisi ruang kosong di sekitar barang. Hal ini dapat membantu menjaga barang tetap stabil dan mencegah gerakan yang tidak diinginkan selama proses pengiriman.

Kertas bekas menjadi bahan yang sangat mudah didapatkan. Potongan kertas yang dilipat menjadi bentuk kecil, kemudian ditempatkan di sekitar barang untuk memberikan bantalan tambahan dan menjaga barang tetap stabil selama pengiriman.

5. Gunakan Tanda Peringatan

Gunakan tanda peringatan hati-hati pada paket, untuk menghindari risiko paket terbanting saat dalam pengiriman. Hampers yang berisi barang pecah belah wajib menggunakan peringatan ini, untuk menghindari isi hampers pecah pada saat diterima.

Beri tahu juga pada jasa pengiriman Anda, bahwa barang yang diserahkan adalah barang pecah belah. Dengan begitu, risiko barang rusak dijalan akan semakin kecil dan paket akan sampai dengan aman. 

Itu dia lima tips aman mengirim hampers Lebaran melalui expedisi. Walaupun terbatas jarak dan waktu, Anda tetap dapat menyambung silaturahmi dengan hampers Lebaran yang dikirim melalui expedisi. Pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan paket dikemas dengan aman. 

Buat Anda yang berencana mengirim sendiri hampers Lebaran ke kampung halaman saat mudik, baca juga 7 Persiapan Mudik Lebaran Agar Perjalanan Aman dan Lancar.

Jika Anda berencana membuat hampers Lebaran, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  Anda. Apabila berminat, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat