Bagikan Corporate Gift di 7 Momen Ini Untuk Meraih Manfaat yang Optimal!

5 menit membaca
7 momen terbaik untuk membagikan corporate gift untuk meraih manfaat yang optimal (Sumber: freepik.com)

Tahukan Anda? Memberikan hadiah perusahaan atau corporate gift untuk klien dan rekan bisnis tidak hanya perlu dilakukan satu kali. Agar manfaat yang didapatkan menjadi optimal, Anda harus menjalankan strategi pemberian corporate gift secara berkelanjutan. Hal ini karena klien atau rekan bisnis perusahaan merupakan stakeholders yang harus dijaga hubungannya secara jangka panjang.

Sebagai strategi public relations dan marketing yang memegang pengaruh penting bagi perusahaan, momen pemberian hadiah untuk klien dan rekan bisnis juga harus dipersiapkan sedemikian rupa. Lantas, momen-momen apa saja yang paling tepat untuk memberikan hadiah perusahaan? Yuk, simak 7 momen terbaik bagi-bagi corporate gift untuk stakeholders perusahaan Anda berikut ini!

Momen yang Tepat Untuk Memberikan Corporate Gift

1. Peringatan hari-hari besar

Momen perayaan hari-hari besar dimanfaatkan untuk memberikan hadiah (Sumber: freepik.com)

Momen peringatan hari-hari besar seperti tahun baru, Idul Fitri, Natal, hingga Hari Kemerdekaan merupakan beberapa momen yang tepat untuk memberikan corporate gift kepada karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis perusahaan Anda. Momen ini lumrah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mempererat hubungan dengan para stakeholders mereka melalui pemberian hadiah khusus.

Pada umumnya, hadiah tersebut disesuaikan dengan tema perayaan. Misalnya, memberikan corporate gift hampers berisi kue-kue kering di momen Lebaran, barang-barang bertema Natal, dan lain sebagainya. Agar semakin mendukung strategi promosi, jangan lupa untuk selalu menyertakan identitas perusahaan Anda.

2. Perayaan khusus untuk si penerima

Momen perayaan khusus seperti hari ulang tahun karyawan atau klien (Sumber: freepik.com)

Momen perayaan khusus bagi penerima hadiah perusahaan dapat mencakup hari ulang tahun, pernikahan, hingga kelahiran anak. Momen-momen khusus yang terkesan personal ini juga merupakan momen yang tepat untuk memberikan corporate gift.

Baca juga:  6 Jenis Cetak Sablon dan Ide Souvenir yang Dapat Disablon

Sejalan dengan momennya, hadiah yang Anda berikan dapat berupa barang-barang yang bersifat personal, seperti bunga, kue, atau hadiah lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan selera si penerima.

3. Momen keberhasilan perusahaan

Hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan perusahaan (Sumber: freepik.com)

Jika perusahaan Anda berhasil mencapai target penjualan, membuka cabang baru, atau memenangkan penghargaan tertentu, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagi corporate gift. Pada momen ini, Anda dapat memberikan hadiah kepada karyawan yang berperan penting dalam keberhasilan perusahaan tersebut.

Beberapa hadiah yang dapat diberikan berupa barang-barang yang bersifat simbolis, seperti piala, sertifikat, atau jam tangan, atau paket hadiah dalam bentuk corporate gift hampers.

4. Momen ucapan terima kasih

Memberi ucapan terima kasih melalui paket hadiah spesial dari perusahaan (Sumber: freepik.com)

Selain karena mampu mencapai keberhasilan, corporate gift juga dapat diberikan sebagai ucapan terima kasih kepada karyawan, pelanggan, atau mitra bisnis yang telah memberikan kontribusinya kepada perusahaan.

Momen ini misalnya momen akhir tahun, awal tahun, atau acara gathering kantor. Hadiah yang diberikan dapat berupa barang-barang yang bersifat fungsional, seperti voucher belanja, aksesoris, atau tiket hiburan.

Gathering kantor menjadi salah satu momen penting perusahaan yang perlu dipersiapkan dengan baik. Memberikan hadiah khusus memang mampu membuat acara ini menjadi momen yang tak terlupakan. Namun, beberapa hal lain juga penting untuk diperhatikan. Baca selengkapnya dalam artikel berikut ini: 15 Tips Sukses Gathering Kantor Agar Lebih Seru dan Berkesan. Selamat membaca!

5. Pelucuran produk baru atau promosi perusahaan

Peluncuran produk baru atau promosi perusahaan adalah momen yang tepat untuk memberi paket hadiah (Sumber: freepik.com)

Sebagaimana mestinya, pemberian corporate gift diperlukan untuk mendukung strategi promosi perusahaan. Hal inilah yang membuat momen promosi perusahaan kurang lengkap bila tidak disertai pula dengan pemberian hadiah perusahaan.

Baca juga:  13 Kado Pernikahan untuk Sahabat Perempuan Paling Berkesan

Sebagai media promosi, hadiah tersebut mampu memperkenalkan produk atau jasa perusahaan. Misalnya berupa produk eksklusif yang bersifat menarik dan unik, sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen.

6. Perayaan Hari Pelanggan

Merayakan hari pelanggan dengan membagikan hadiah khusus untuk pelanggan (Sumber: freepik.com)

Hari Pelanggan Nasional merupakan salah satu momen yang paling penting dalam dunia bisnis. Momen ini adalah saat di mana sebagian besar perusahaan dari berbagai sektor mengapresiasi dan merayakan hubungan mereka dengan para pelanggan yang setia.

Selain sebagai bentuk penghargaan, pemberian hadiah di Hari Pelanggan Nasional juga dilakukan untuk memperkuat koneksi antara perusahaan Anda dengan pelanggan. Salah satu pilihan hadiah terbaik adalah corporate gift hampers yang penuh makna.

7. Pameran, seminar, dan aneka event sosial

Momen spesial seperti seminar adalah waktunya memberi hadiah perusahaan (Sumber: freepik.com)

Ketiga momen ini sering diikuti oleh berbagai perusahaan yang datang dengan aneka produk atau layanan terbaik mereka. Beberapa event yang diselenggarakan oleh pihak swasta maupun pemerintah akan mampu menarik minat banyak orang untuk datang dan membeli barang.

Di momen inilah strategi pemberian hadiah diperlukan demi menarik konsumen untuk mengunjungi stand dan membeli produk perusahaan Anda. Pengunjung yang hadir akan lebih terbuka dan dengan senang hati terbuka menerima produk paket seminar kit yang ditawarkan. Apalagi, jika produk tersebut memang menarik dan dibutuhkan oleh mereka.

Anda sedang mencari ide barang-barang untuk kebutuhan seminar kit? Bacalah artikel berikut ini: 15 Rekomendasi Seminar Kit untuk Berbagai Tema Seminar. Dalam artikel tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai rekomendasi isi seminar kit untuk berbagai tema seminar. Selamat membaca!

Mengapa Corporate Gift Adalah Pilihan yang Tepat?

Corporate gift adalah salah satu cara paling efektif untuk menunjukkan apresiasi perusahaan kepada pelanggan sambil mempromosikan produk atau layanan perusahaan Anda. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa corporate gift menjadi strategi yang perlu dilakukan:

Baca juga:  7 Tips Membuat Bungkus Kado Lucu yang Anti Monoton

1. Personalisasi

Personalisasi merupakan kunci untuk menjalin relasi yang lebih dalam dan kuat dengan stakeholders perusahaan Anda. Berbeda dengan hadiah pada umumnya, corporate gift dapat dibuat dan disesuaikan dengan preferensi setiap penerimanya. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan berarti bagi para penerimanya, misalnya karyawan, klien, atau rekan bisnis.

2. Brand Anda akan lebih diingat

Pemberian corporate gift yang disertai dengan identitas brand perusahaan akan mampu memunculkan pengalaman yang tidak mudah dilupakan. Dengan memberikan hadiah khusus, brand Anda akan terus diingat oleh pelanggan. Bagaimana tidak? Setiap kali menggunakan atau melihat barang pemberian perusahaan Anda tersebut, penerimanya akan mengingat brand Anda.

3. Kesempatan promosi yang cukup efektif

Apabila Anda merancang dan mempersiapkan dengan bijak, corporate gift sangat efektif untuk mempromosikan brand Anda. Misalnya, jika perusahaan Anda bekerja di bidang food and beverages, paket hadiah berupa makanan dengan desain, edisi khusus, dan disertai dengan logo perusahaan Anda adalah pilihan terbaik. Dengan ini, hadiah yang Anda berikan bukan sebatas ucapan terima kasih, tetapi juga cara untuk memperkenalkan produk Anda kepada pelanggan.

4. Kesempatan untuk terus berinovasi

Sama seperti strategi pemasaran pada umumnya, pemberian corporate gift juga memerlukan ide dan perencanaan yang matang. Hal inilah yang mampu memberikan kesempatan bagi Anda untuk terus berinovasi dan berpikir tentang jenis hadiah unik yang akan menarik perhatian penerimanya. Inovasi tersebut misalnya dalam hal tren hadiah di momen tertentu, desain, hingga cara pengemasannya.

Memilih momen yang tepat untuk memberikan corporate gift merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini agar Anda dapat memilih jenis hadiah berdasarkan tujuan dan momentum saat itu.

Dengan pemberian hadiah di momen yang tepat, Anda akan memberikan apresiasi dan pengalaman yang tak terlupakan bagi rekan kerja, klien, atau mitra bisnis Anda. Pilihlah dengan bijak dan berikan hadiah yang akan dikenang selamanya!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat