8 Manfaat Alat Tulis Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

5 menit membaca

Walaupun teknologi di dunia kerja sudah mulai berubah ke arah digital, namun keberadaan alat tulis sebagai alat kerja masih banyak digunakan. Alat tulis kantor memiliki pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.

Alat tulis kantor dengan kualitas yang buruk dapat menurunkan semangat kerja, yang dapat mempengaruhi hasil dari kerjaan tersebut. Sebaliknya, alat tulis dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan performa kerja karyawan. 

Melihat peranannya yang masih penting dalam peningkatan produktivitas kerja, memberikan souvenir alat tulis kantor pada karyawan dan rekan bisnis menjadi ide yang menjanjikan. Supaya alat tulis kantor terlihat lebih menarik, Anda dapat mengostumisasinya sesuai selera ataupun disesuaikan dengan identitas kantor. Ada banyak jenis alat tulis kantor yang bisa anda kustom sebagai souvenir kantor. 

Jika Anda mencari inspirasi souvenir alat tulis kantor, Anda dapat mencari ide melalui artikel 15 Daftar Alat Tulis Kantor Murah dan Berkualitas yang Wajib Ada di Meja Kerja. Sebelum memutuskan untuk mengostumisasi souvenir, simak dulu 8 Manfaat Alat Tulis Kantor Terhadap Produktivitas Kerja, berikut ini. Selamat membaca!

Manfaat Alat Tulis Kantor untuk Peningkatan Produktivitas Kerja

Alat tulis kantor dengan kualitas baik, dapat meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan (sumber: freepik)

Saat ini alat tulis kantor bukan sekadar alat untuk menulis, melainkan sekumpulan benda yang digunakan untuk menunjang aktivitas dalam pekerjaaan. Alat tulis kantor terdiri dari berbagai jenis alat tulis. Masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pemakaian alat tulis kantor dapat meningkatkan produktivitas kerja karena dapat memudahkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Berikut beberapa manfaat dari alat tulis kantor untuk peningkatan produktivitas kerja.

1. Pencatat Hal-hal Penting dalam Pekerjaan

Alat tulis kantor seperti pensil, pulpen, spidol, notes berguna untuk mencatat hal-hal penting dalam pekerjaan agar tidak terlewat. Pulpen ataupun pensil dan notes merupakan benda yang wajib ada dalam tas kantor. Sebab kedua benda tersebut kerap digunakan dalam berbagai situasi penting, seperti rapat, wawancara, dan berbagai urusan kantor lainnya. 

Kedua Pulpen ataupun pensil dengan notes merupakan dua benda yang saling melengkapi. Ketika ada hal-hal penting yang didengar saat rapat ataupun wawancara, Anda dapat langsung mencatatnya. 

Baca juga:  10 Ide Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan dan Ramah di Kantong

2. Memudahkan dalam Memahami Informasi

Alat tulis kantor dapat memudahkan seseorang dalam memahami informasi. Alat tulis kantor seperti spidol, white board, dan penghapusnya kerap ada di tiap ruang meeting kantor. Benda benda tersebut umumnya digunakan saat rapat untuk mencatat gambaran besar suatu proyek, agar mudah dipahami oleh peserta rapat. 

Ukuran whiteboard yang besar dan warna stabilo yang tajam membuat gambar dan tulisan mudah terlihat oleh semua peserta rapat. Selain itu, Whiteboard memungkinkan perubahan cepat dan fleksibilitas. Ketika  ada perubahan dalam rencana atau ide, tulisan dapat dengan mudah dihapus, ditambahkan, ataupun dimodifikasi di papan tulis tanpa harus membuat dokumen baru.

3. Memungkinkan Perbaikan Cepat pada Dokumen

Alat tulis kantor seperti penghapus, tipx, dan correction tape memungkinkan memungkinkan koreksi cepat pada dokumen fisik, seperti catatan atau perhitungan. Dengan begitu, karyawan dapat dengan mudah menghapus kesalahan atau revisi yang diperlukan tanpa meninggalkan jejak permanen.

Pada situasi penting, terkadang ide atau rencana sering berubah. Dalam hal ini  penghapus memberikan fleksibilitas untuk menghapus dan memodifikasi tanpa harus mencoret-coret atau membuat dokumen baru.

4. Memberikan Data yang Akurat

Alat tulis kantor berupa pengukur seperti penggaris, memberikan data pengukuran yang akurat dalam pekerjaan yang melibatkan perencanaan, desain, atau pembuatan sketsa. Hal ini penting terutama dalam bidang arsitektur ataupun desain grafis.

Dalam menggambar atau membuat diagram, penggaris memastikan pembuatan garis yang rata, tepat, dan konsisten. Ini membantu menciptakan presentasi atau dokumen yang lebih profesional dan mudah dipahami.

5. Menyoroti Informasi Penting

Dalam membaca dokumen atau catatan, highlighter membantu mengidentifikasi dan menyoroti poin-poin penting. Ini memungkinkan pekerja untuk dengan cepat menangkap informasi kunci tanpa harus membaca keseluruhan teks.

Highlighter juga mempermudah proses revisi dan koreksi. Dengan adanya highlighter, karyawan dapat menyoroti bagian yang perlu direvisi atau dikoreksi, sehingga  memudahkan revisi naskah secara cepat.

6. Memungkinkan Seluruh Dokumen Memiliki Ukuran yang Presisi

Dalam pekerjaan kantor, gunting dapat digunakan untuk memotong dokumen atau surat dengan presisi. Hal ini membantu dalam menyusun materi atau mengatur dokumen dengan rapi.

Baca juga:  7 Cara Mengoptimalkan Manfaat Seminar Kit dalam Workshop Perusahaan Anda

Dalam pembuatan materi promosi atau iklan, gunting dapat digunakan untuk memotong dan menyusun gambar atau teks sehingga materi terlihat menarik dan informatif.

7. Memberikan Kemudahan dalam Mencatat Informasi

Alat tulis yang mudah untuk dihapus seperti pensil, memberikan kemudahan pada karyawan untuk mengubah catatan informasi tanpa takut kertas kotor. Saat karyawan harus mengisi lembar jawaban atau formulir, pensil sangat bermanfaat karena kemampuannya yang mudah dihapus dan diubah.

Untuk pekerja di bidang desain, arsitektur, atau seni, pensil adalah alat yang sangat penting untuk membuat sketsa, rencana, atau desain awal. Pensil memberikan fleksibilitas dan mudah diubah-ubah.

8. Dokumen Terorganisir Rapi

Alat penggabung dokumen, seperti stepler memudahkan dalam menyusun dan mengorganisir berkas ataupun dokumen yang perlu disatukan agar mudah untuk disatukan, sehingga terlihat rapi.

Dalam pekerjaan administratif kantor, stapler membantu dalam mengamankan dokumen agar tidak bercecer atau hilang. Stepler memungkinkan dokumen tersimpan dalam satu kesatuan yang rapi, sehingga memudahkan karyawan untuk melihat informasi pada dokumen.

REKOMENDASI ALAT TULIS KANTOR CUSTOM UNTUK SOUVENIR KANTOR

Alat tulis kantor custom dapat menjadi souvenir menarik dan bermanfaat bagi banyak orang (sumber: freepik)

Dengan berbagai manfaatnya dalam menunjang produktivitas kerja, alat tulis kantor menjadi benda yang cocok dijadikan sebagai souvenir kantor. Nantinya souvenir ini dapat Anda berikan pada karyawan, rekan bisnis, atau calon klien di perusahaan Anda. Supaya souvenir terlihat lebih menarik, Anda dapat mengostumisasi alat tulis kantor dengan berbagai desain unik. Sebagai inspirasi, berikut rekomendasi alat tulis kantor yang bisa anda kustomisasi.

1. Pulpen

Pulpen merupakan salah satu alat tulis yang paling banyak digunakan. Sebagai alat tulis kantor, pulpen berperan untuk mencatat berbagai hal penting yang berkaitan dengan masalah pekerjaan. Pulpen custom menjadi ide souvenir yang menarik, sebab pulpen sangat bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari. Dengan desain yang menarik, souvenir pulpen akan terlihat lebih berkesan. 

2. Highlighter 

Highlighter kantor sebagai souvenir tidak hanya menjadi alat tulis, tetapi juga simbol inspirasi dan produktivitas. Berbagai warna pada highlighter berguna untuk menyoroti dan menandai informasi penting pada pekerjaan. Highlighter kantor dapat menjadi souvenir yang unik dengan menambahkan sentuhan personal, seperti logo perusahaan dan nama penerima. Dengan begitu, setiap kali seseorang menggunakan highlighter tersebut, mereka akan ingat pada perusahaan Anda. 

Baca juga:  15 Rekomendasi Kotak Pensil Bagus dan Terbaik untuk Anak Sekolah

3. Stepler

Stepler menjadi salah satu alat tulis kantor yang banyak dibutuhkan. Kemampuannya mengikat halaman-halaman dokumen menjadi satu kesatuan, melambangkan kebersamaan dan keteraturan. Pemberian souvenir ini kepada rekan kerja tidak hanya memberikan alat praktis untuk pengaturan dokumen, tetapi juga mengkomunikasikan pesan tentang pentingnya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

4. Notebook

Notebook kantor bukan hanya lembaran kosong, melainkan tempat di mana ide-ide brilian dan rencana-rencana besar dapat berkembang. Dengan memberikan notebook sebagai souvenir, perusahaan memberikan wadah untuk ekspresi kreativitas dan pencatatan ide-ide penting. Notebook sebagai souvenir juga mengingatkan akan keindahan menulis secara manual. Dengan kemampuan untuk mencatat ide dan perencanaan, notebook memberikan fungsionalitas yang tak tergantikan.

5. Penggaris

Penggaris adalah alat yang diperlukan dalam berbagai situasi, baik di meja kantor maupun di lapangan. Dengan memberikan penggaris sebagai souvenir, perusahaan memberikan alat yang memiliki fungsionalitas sehari-hari. Penggaris tidak hanya membantu dalam tugas-tugas teknis, tetapi juga menjadi pengingat bahwa setiap langkah dan keputusan yang diambil harus diukur dengan teliti.

Itu dia informasi mengenai delapan manfaat alat tulis kantor terhadap produktivitas kerja. Berbagai jenis alat tulis kantor yang ada saat ini, memiliki peran tersendiri dalam peningkatan produktivitas kerja. Karena memiliki banyak manfaat dalam dunia kerja, alat tulis kantor menjadi benda yang cocok jadi ide souvenir kantor. 

Anda juga dapat membaca artikel ide 15 Ide Souvenir Karyawan untuk Simbol Apresiasi Perusahaan sebagai inspirasi untuk souvenir karyawan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk custom souvenir, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp Lokasoka untuk mengetahui informasi custom souvenir dengan kualitas terbaik. Atau Anda dapat berkunjung langsung ke Lokasoka yang berlokasi di daerah Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jakarta Selatan untuk melihat sample secara langsung.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat