Sejarah Alat Tulis Kantor dan Perkembangannya

5 menit membaca

Alat tulis kantor yang ada saat ini, tidak lepas dari sejarah dan perkembangannya di masa lalu. Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan alat tulis untuk berkomunikasi melalui tulisan. Jenis alat tulis yang ada pasa masa itu terbatas, belum variatif seperti saat ini.

Seiring berjalannya waktu, alat tulis kantor tterus mengalami perkembangan,  menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan selain untuk menulis, berbagai alat tulis kantor yang ada saat ini juga memiliki fungsi lain yang dapat memudahkan pekerjaan karyawan. 

Selain mengalami perubahan fungsi, alat tulis kantor juga mengalami perubahan bentuk yang cukup signifikan. Untuk mengetahui sejarahnya, berikut artikel mengenai sejarah alat tulis yang bisa Anda simak. Namun sebelum itu, jika Anda juga bisa membaca artikel 13 Rekomendasi Pulpen Eksklusif untuk Hadiah Profesional untuk inspirasi souvenir kantor. Selamat membaca!

ALAT TULIS KANTOR DAN PERKEMBANGANNYA 

Pena buluh atau quill pen, merupakan alat tulis yang biasa digunakan untuk menulis naskah kuno

Tahun 3000 sebelum Masehi merupakan tahun pertama manusia mulai mengenal tulisan. Pada masa itu, kelompok manusia yang pertama kali mengenal tulisan adalah Bangsa Sumeria. Mereka berkomunikasi menggunakan lempengan tanah liat yang digunakan untuk membuat pahatan gambar, yang melambangkan simbol atau kata. 

Di tahun 4000 sebelum Masehi, mulai dikenal adanya alat tulis. Pada masa itu, alat tulis hanya berupa perkakas sederhana yang terbuat dari batu, kayu, atau tulang hewan dengan bagian ujung yang runcing. Berikut beberapa alat tulis yang pertama kali muncul dan dikenal oleh masyarakat. 

1. Batu Runcing

Sebelum pena dan tinta ditemukan, manusia prasejarah mengandalkan alat-alat sederhana, termasuk batu runcing, untuk menorehkan tanda-tanda dan gambar di berbagai permukaan. Batu runcing, dengan ujungnya yang tajam, digunakan sebagai alat tulis primitif untuk menciptakan petroglyph dan lukisan gua, mengabadikan kehidupan dan kepercayaan mereka.

2. Kalam

Kalam merupakan alat tulis berbahan dasar bambu, yang muncul di peradaban Tiongkok kuno. Alat tulis ini digunakan bersama dengan tinta, untuk menulis di atas kertas. Kalam memudahkan penulis dalam membuat abjad Tionghoa yang rumit. Untuk menggunakan kalam, diperlukan kemampuan khusus dan teknik penguasaan.

Baca juga:  15 Ide Souvenir Kantor Eksklusif, Inspiratif, dan Masih Jarang di Indonesia

3. Kuas

Kuas digunakan sebagai alat tulis jauh sebelum pena dan pensil menjadi populer. Pada awalnya, kuas dipergunakan untuk menulis aksara di berbagai budaya, terutama dalam seni kaligrafi di Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Kuas juga digunakan untuk membuat catatan, manuskrip, dan surat dalam budaya Arab dan Persia.

4. Quill Pen

Pada abad pertengahan di Eropa, pena bulu burung atau yang disebut juga dengan quill pen,  menjadi pilihan utama para penulis untuk menulis naskah di atas kertas. Pulpen ini teribuat dari bulu burung, yang membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Penulis harus mengasah ujung pena dan memperhatikan tekanan yang tepat, supaya tinta dapat mengalir dengan baik. 

5. Kapur

Kapur termasuk dalam alat tulis kantor tradisional, yang keberadaannya masih digunakan hingga di zaman modern. Pada Abad Pertengahan, kapur menjadi alat tulis utama di sekolah-sekolah Eropa. Kapur menggunakan media papan tulis hitam untuk tempat menulisnya. Pada awal kemunculannya, kapur dianggap sebagai alat tulis yang efektif karena mudah dihapus. Namun, seiring perkembangan zaman keberadaan kapur mulai tergantikan dengan alat lain yang dianggap lebih fleksibel. 

ALAT TULIS KANTOR MODERN DAN FUNGSINYA

Pensil merupakan alat tulis modern, yang memudahkan penulis untuk mengubah atau mengganti isi tulisan

Kemajuan teknologi membuat manusia berpikir untuk terus berinovasi membuat alat tulis kantor yang lebih fleksibel dan efisien. Hasilnya, terciptalah alat tulis kantor yang saat ini digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Ada banyak perbedaan yang cukup signifikan antara alat tulis kantor tradisional, dengan alat tulis kantor modern. Perbedaan tersebut tidak hanya terlihat dari segi bentuk, melainkan dari efisiensi dan hasil tulisan yang diciptakan. Berikut beberapa alat tulis kantor modern dan fungsinya.

Baca juga:  7 Tips Melakukan Promosi Ramadhan Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

1. Pulpen

Pulpen yang banyak digunakan saat ini sebagai alat tulis kantor, merupakan hasil pembaharuan dari pena-pena yang ada pada zaman dahulu. Saat ini ada berbagai macam jenis pulpen yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kenyamanan pemakai. Pulpen yang ada pada zaman ini cukup praktis, penulis bisa langsung memakainya tanpa harus mengisi atau mencelupkan tinta terlebih dahulu. Jika habis, penulis bisa langsung mengganti isinya.

2. Pensil

Pensil merupakan alat tulis kantor yang terbuat dari kayu, dengan  hasil tulisan yang lebih ringan dibandingkan pulpen. Alat tulis ini memudahkan penulis untuk merubah tulisan, tanpa perlu takut membuat kertas kotor. Jika pensil sudah dirasa tidak nyaman digunakan, penulis bisa langsung merautnya dengan rautan. Pensil merupakan alat tulis yang sangat cocok dengan pekerjaan desain ataupun pekerjaan yang memerlukan hitungan.

3. Spidol

Spidol, atau yang disebut juga dengan marker, adalah alat tulis favorit anak-anak, pelajar, dan bahkan profesional. Dengan berbagai warna yang cerah dan ujung yang tajam, spidol bukan hanya sekadar alat tulis kantor biasa, tetapi juga alat tulis yang memudahkan penggunaannya untuk berekspresi dengan gambar dan warna-warna yang cerah. Ujung spidol yang tajam membuat tulisan dan gambar terlihat lebih jelas. Hal itu membuat spidol menjadi alat tulis yang ideal untuk digunakan di papan tulis, kertas, bahkan permukaan lain seperti kaca dan plastik.

4. Highlighter

Highlighter merupakan alat tulis kantor yang terdiri atas berbagai warna cerah dan mencolok. Hal itu bertujuan untuk menyoroti kata kunci dan informasi-informasi penting dalam sebuah tulisan. Dengan warna yang mencolok, berbagai informasi penting tersebut dapat dengan mudah terlihat oleh pembaca. Hal ini membantu dalam pengorganisasian dan revisi dokumen. Dengan memilih warna-warna yang berbeda pada setiap tulisan, memungkinkan pengguna untuk memberikan kode warna pada jenis informasi tertentu atau menekankan aspek yang berbeda dalam teks.

5. Stapler

Stapler tidak termasuk dalam alat tulis kantor yang digunakan untuk menulis, tetapi benda ini memiliki kemampuan yang dapat memudahkan urusan kantor. Fungsi utama stapler adalah untuk menjepit bersama sejumlah kertas menjadi satu kesatuan. Hal ini tidak hanya membuat dokumen terlihat lebih rapi dan terorganisir, tetapi juga memudahkan dalam penyimpanan dan distribusi. Stapler menjadi alat kantor yang ada  di meja kerja untuk mempertahankan keteraturan.

Baca juga:  17 Ciri-Ciri Paper Lunch Box yang Bagus untuk Usaha Catering

6. Correction

Corection merupakan alat tulis kantor yang menjadi pasangan dari pulpen. Jenis correction ada banyak, mulai dari correction  cair, correction tape, label, dan lain-lain. Anda bisa memilih jenis correction yang digunakan sesuai jenis tulisan atau sesuai kenyamanan. Alat ini memungkinkan penulis untuk menutup tulisan yang salah dan menggantinya dengan tulisan baru, tanpa perlu repot mengganti kertas. Namun, pemakaian correction harus hati-hati agar kertas tidak terlihat kotor.

7. Penggaris

Alat tulis kantor yang satu ini memberikan kemudahan pada penggunanya untuk membuat tulisan ataupun garis yang presisi. Fungsi utama penggaris adalah untuk memberikan pengukuran yang tepat dan akurat. Dengan tanda-tanda dan angka-angka yang terukir di sepanjang garis, penggaris membantu penggunanya dalam menentukan panjang dan ukuran dengan tepat. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu alat tulis kantor yang terpenting. 

Itu dia sejarah alat tulis kantor dan perkembangannya hingga masa kini. Seiring berjalannya waktu, alat tulis kantor terus mengalami perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik. Kini berbagai jenis alat tulis kantor yang ada sangat mudah didapatkan dan menjadi benda yang fleksibel untuk dibawa bepergian. Untuk inspirasi alat tulis kantor, Anda dapat membaca artikel 15 Daftar Alat Tulis Kantor Murah dan Berkualitas yang Wajib Ada di Meja Kerja

Jika Anda sedang mencari souvenir kantor yang berkualitas, Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat berbagai jenis souvenir sesuai kebutuhan Anda. Layanan Lokasoka buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat