souvenir awal tahun

Manfaat Berbagi Souvenir Awal Tahun Pada Rekan Bisnis

6 menit membaca

Awal tahun merupakan momen suka cita bagi banyak orang. Di tahun yang baru ini diharapkan semua doa baik, cita-cita, dan harapan dapat terkabul dan berjalan dengan baik. Euforia perayaan tahun baru, umumnya masih terasa hingga awal tahun. Hal itu dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melaksanakan tradisi, seperti tukar kado. 

Jika di akhir tahun biasanya momen tukar kado dilakukan bersama keluarga, pasangan, ataupun teman-teman, maka di awal tahun tukar kado umumnya dilaksanakan dengan rekan bisnis dengan berbagi souvenir awal tahun. Sebagian besar perusahaan umumnya menyediakan souvenir awal tahun, untuk dibagikan dengan rekan bisnis dan para karyawan. 

Berbagi souvenir awal tahun tidak hanya merayakan tradisi tahunan, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi seluruh orang yang berpartisipasi. Sebelum berbagi souvenir awal tahun, simak dulu 7 Fungsi Souvenir Karyawan dan Momen Tepat Membagikannya. Berikut manfaat berbagi souvemir awal tahun yang perlu Anda ketahui. Yuk, disimak!

Manfaat Souvenir Awal Tahun Bagi Hubungan Dengan Rekan Bisnis

Setiap yang berakhir pasti akan ada awal yang baru, begitu jjuga dengan souvenir. Umumnya perusahaan tidak hanya menyediakan souvenir akhir tahun, tetapi juga telah menyiapkan souvenir awal tahun yang siap dibagikan kepada rekan bisnis dan para karyawan. Dengan souvenir awal tahun ini, diharapkan segala keinginan dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Berikut beberapa manfaat memberikan souvenir awal tahun.

1. Sebagai Penanda Semangat Baru

Beberapa souvenir awal tahun yang dipilih, dapat menjadi simbol resolusi dan tujuan yang baru. Misalnya, memberikan buku catatan atau planner sebagai souvenir, dapat mendorong penerima untuk menetapkan dan mencapai tujuan mereka di tahun yang baru.

Pilihlah warna-warna cerah pada souvenir, yang menjadi simbol keceriaan. Warna-warna cerah seperti kuning, oranye, atau hijau seringkali dikaitkan dengan energi positif dan kesegaran, yang memberikan semangat baru di awal tahun.

2. Mempererat Hubungan dengan Rekan Bisnis di Tahun yang Baru

Souvenir awal tahun tidak hanya menjadi barang fisik, tetapi juga alat yang kuat untuk mempererat hubungan antara pemberi dan penerima. Dengan pemberian souvenir, komunikasi Anda dengan rekan bisnis akan tetap terjaga di tahun yang baru ini. 

Souvenir memiliki nilai sentimental yang berkaitan dengan kenangan bersama. Hal ini  dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat. Dengan fondasi hubungan yang lebih dalam, membuat kedua belah pihak merasa terkoneksi satu sama lain.

3. Simbol Rasa Terima Kasih

Souvenir awal tahun dapat menjadi ungkapan terima kasih atas kerja sama, dukungan, atau kehadiran seseorang dalam hidup Anda. Dengan memberikan souvenir, Anda secara tidak langsung mengakui kontribusi positif yang telah diberikan oleh penerima.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Kantor untuk Bank Negara dan Bank Swasta

Di awal tahun yang baru, diharapkan hubungan kerjasama yang telah terjalin dengan baik dapat dipertahankan. Hubungan kerja sama yang baik dapat menciptakan peluang dan kesempatan-kesempatan baru lainnya.

4. Memberikan Inspirasi Awal Tahun

Souvenir awal tahun dapat menjadi inspirasi untuk memulai semangat baru. Semangat menyambut hari-hari baru dapat direalisasikan dalam sebuah souvenir yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Desain yang unik atau artistik dapat memicu ide-ide baru dan memberikan perspektif segar untuk menghadapi tahun yang baru.

Souvenir yang disertai dengan pesan motivasi atau kata-kata positif dapat memberikan dorongan semangat pada penerima. Kata-kata tersebut bisa menjadi sumber inspirasi untuk menghadapi tantangan baru dan mencapai tujuan di tahun yang baru.

5. Simbolis Kerja Sama dengan Rekan Bisnis

Souvenir awal tahun dapat menjadi simbol yang kuat untuk membangun kerjasama dan hubungan yang baik antara rekan bisnis. Dengan pemberian souvenir, diharapkan kerja sama yang baik akan terjalin di tahun ini. 

Souvenir dapat menciptakan ikatan emosional. Oleh sebab itu, souvenir dengan kualitas terbaik, dapat menjadi simbol dari hubungan kerja sama baik yang akan terjalin di tahun yang baru.

6. Membangun Citra Positif Perusahaan di Mata Rekan Bisnis

Pemberian souvenir awal tahun dapat menciptakan kesan positif perusahaan di mata rekan bisnis. Souvenir menjadi bukti loyalitas perusahaan terhadap klien, rekan bisnis, ataupun rekan bisnis. 

Pemberian souvenir yang berkualitas, dapat memperkuat citra positif perusahaan. Calon klien ataupun rekan bisnis, akan semakin yakin untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda. Souvenir yang berkualitas tinggi menciptakan kesan tentang komitmen perusahaan terhadap standar kualitas. Hal ini dapat membentuk pandangan positif tentang profesionalisme dan integritas perusahaan.

7. Memperkuat Identitas Perusahaan

Memilih souvenir yang konsisten dengan gaya visual perusahaan, baik idalam hal font, grafis, atau elemen desain lainnya, membantu mempertahankan konsistensi brand di berbagai platform dan materi promosi.

Memilih souvenir yang mencerminkan nilai dan prinsip perusahaan membantu membangun identitas yang positif. Hal ini membuat rekan bisnis dan klien merasa terkoneksi dengan nilai-nilai perusahaan.

Tips Memilih Souvenir Awal Tahun yang Baik

Sebelum memutuskan untuk memberikan souvenir pada rekan bisnis, ada baiknya Anda mempertimbangkan kualitas dari souvenir yang akan diberikan. Kualitas souvenir secara tidak langsung dapat memengaruhi citra perusahaan di mata penerima. Jika souvenir yang diberikan adalah souvenir berkualitas tinggi, maka calon klien ataupun rekan bisnis akan menaruh kepercayaannya pada perusahaan Anda.  Berikut tips memilih souvenir awal tahun yang baik.

Baca juga:  Inspirasi Jenis Souvenir Menarik Sesuai Kegiatan dan Acara Anda

1. Pertimbangkan Target Pemberian Souvenir

Sebelum memilih souvenir, ada kalanya Anda harus mempertimbangkan target yang akan diberikan. Kenali audiens atau penerima souvenir, mulai daei pertimbangan usia, jenis kelamin, minat, dan kebutuhan mereka. Souvenir yang sesuai dengan preferensi penerima akan lebih dihargai dan pesan dalam souvenir akan lebih mudah tersampaikan.

2. Pentingkan Fungsionalitas

Souvenir yang dipilih harus mempertimbangkan nilai fungsionalitas, bukan sekadar nilai estetika. Souvenir berupa barang sehari-hari berpotensi akan sering digunakan oleh penerima, dibandingkan dengan souvenir berupa hiasan atau pajangan. Secara tidak langsung hal ini juga menunjukkan bukti kepedulian perusahaan terhadap klien dan rekan bisnisnya.

3. Sesuaikan dengan Identitas Perusahaan

Souvenir yang baik harus selaras dengan identitas atau ciri khas perusahaan. Hal ini tidak hanya dapat memperkuat citra merek, tetapi juga memberikan kesan konsistensi dan profesionalisme. Dengan hal ini pula, ingatan penerima terhadap perushaan Anda akan semakin kuat.

4. Pertimbangkan Desain yang Akan Digunakan

Desain juga menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat souvenir. Anda dapat membuat desain yang sesuai dengan tren dan gaya terkini, agar souvenir tetap relevan dan disukai oleh penerima. Hal ini juga dapat memberikan kesan bahwa perusahaan selalu mengikuti perkembangan zaman.

5. Pilih Souvenir yang Berpotensi Jangka Panjang

Pilih souvenir yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Barang-barang berkualitas akan lebih awet, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Souvenir yang terkait dengan teknologi, seperti power bank, flash drive, atau aksesori gadget, memiliki potensi jangka panjang karena teknologi umumnya memiliki masa pakai yang cukup lama.

Rekomendasi Souvenir Awal Tahun untuk Rekan Bisnis

Souvenir awal tahun berupa kalender, dapat menjadi penanda hari-hari penting selama setahun ke depan (sumber: freepik) (link gdrive)

Souvenir awal tahun harus dapat menjadi simbol semangat untuk mengawali tahun yang baru. Supaya souvenir dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan bernilai fungsionalitas tinggi, Anda disarankan untuk memilih souvenir berupa barang-barang sehari-hari yang berkualitas tinggi. Ada banyak barang yang bisa Anda pilih sebagai souvenir awal tahun, berikut beberapa rekomendasi souvenir yang bisa Anda pilih.

Baca juga:  7 Ide Souvenir Sederhana untuk Rekan Bisnis

1. Kalender

Kalender merupakan souvenir awal tahun bernilai fungsionalitas tinggi. Souvenir ini dapat menjadi penanda hari-hari penting yang akan dijalani. Selain tanggal dan bulan, kalender juga dapat berisi informasi berguna seperti hari libur, catatan penting, atau tips bisnis. Ini membuat kalender lebih berharga bagi penerima.

2. Buku catatan

Salah satu souvenir awal tahun yang juga bernilai fungsionalitas tinggi adalah buku catatan. Souvenir ini dapat digunakan untuk mencatat informasi-informasi penting dalam pekerjaan. Buku catatan yang dilengkapi dengan kalender, sticky notes, dan lain-lain akan menambah nilai fungsionalitas. Souvenir yang berkualitas ini dapat mencerminkan loyalitas perusahaan terhadap klien dan rekan bisnis.

3. Tumbler

Tumbler dapat menjadi ide souvenir awal tahun yang menarik. Souvenir ini bernilai fungsionalitas tinggi, karena dapat mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Tumbler dapat dengan mudah dibawa kemana-mana, sehingga benda ini berpotensi untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Pastikan souvenir tumbler yang diberikan berkualitas tinggi, supaya tumbler bisa tahan lebih lama.

4. Powerbank

Powerbank merupakan souvenir awal tahun dengan nilai fungsionalitas tinggi. Souvenir powerbank digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik, yang dapat menunjang produktivitas kerja. Memberikan souvenir berupa powerbank menunjukan kepedulian perusahaan Anda terhadap produktivitas kerja klien maupun rekan bisnisnya.

5. Payung

Payung adalah barang yang sangat praktis, terutama dalam menghadapi cuaca yang tidak pasti. Souvenir ini memberikan perlindungan dari hujan atau matahari terik, sehingga sangat berguna di berbagai situasi. Souvenir payung dapat dipersonalisasi dengan logo perusahaan, warna perusahaan, atau pesan khusus. Personalisasi ini membantu memperkuat branding dan membuat payung menjadi alat promosi yang efektif.

Itu dia manfaat berbagi souvenir awal tahun untuk rekan bisnis. Souvenir awal tahun dapat menjadi penanda semangat untuk memulai tantangan baru di tahun yang baru. Dengan pemberian souvenir pada rekan bisnis, diharapkan kerja sama yang telah berjalan baik di tahun sebelumnya dapat dipertahankan, sehingga dapat membuka kesempatan-kesempatan lainnya.

Untuk mencari ide souvenir lainnya, Anda dapat membaca artikel 7 Ide Sederhana untuk Rekan Bisnis. Jika Anda tertarik untuk membuat souvenir awal tahun, Anda dapat memesannya melalui Lokasoka.  Lokasoka menawarkan layanan untuk membuat berbagai jenis souvenir sesuai kebutuhan Anda. Layanan Lokasoka buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat