Jangan Bilang Totebag Batik Ketinggalan Zaman, Ini 7 Inspirasi Desain Terbaiknya Untuk Souvenir Kantor

5 menit membaca

Totebag batik menjadi salah satu pilihan terbaik untuk digunakan sebagai souvenir kantor. Sama seperti totebag pada umumnya, totebag batik dapat dimanfaatkan untuk mengemas berbagai souvenir lainnya sebagai goodie bag.

Jenis totebag yang satu ini tidak kalah populer dengan berbagai jenis totebag lainnya di tengah semakin berkembangnya tren barang ethnic seperti batik. Terlebih lagi, terdapat berbagai keunggulan lainnya dari desain totebag yang sangat beragam. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulannya, baca artikel berikut ini dan temukan pula inspirasi desain totebag batik terbaik untuk kebutuhan souvenir kantor Anda!

Keunggulan Totebag Batik

1. Estetika khas kebudayaan Indonesia

Seperti yang diketahui bersama, batik merupakan seni tradisional Indonesia. Inilah yang membuatnya memiliki nilai-nilai budaya dan estetika yang tinggi. Oleh karena itu, totebag dengan desain batik memiliki keunggulan tersendiri, yakni mampu membawa keindahan khas budaya Indonesia maupun unsur seni dan keanggunan pada penampilan pengguna.

2. Keunikan motif

Batik memiliki berbagai motif atau corak dengan pola serta warna yang unik. Masing-masing motif dan warnanya juga memiliki makna tersendiri yang mendalam. Hal inilah yang membuat totebag batik seringkali dinilai sebagai barang yang klasik, eksklusif, dan memiliki kekhasan atau daya tarik tersendiri.

3. Kualitas dan ketahanan

Kualitas totebag batik tidak perlu diragukan lagi. Batik sering kali dicetak pada bahan kain dengan kualitas yang tinggi, seperti katun atau sutra. Oleh karena itu, totebag dengan desain batik pada umumnya akan memiliki kualitas dan daya tahan yang baik pula. Hal ini membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:  13 Kado Pernikahan untuk Sahabat Perempuan Paling Berkesan

4. Fleksibilitas

Pada umumnya, batik mungkin memiliki kesan yang elegan dan terlalu formal. Namun, siapa sangka, totebag batik nyatanya dapat digunakan dalam berbagai konteks dan suasana. Tanpa menghilangkan daya tariknya, totebag dengan sentuhan batik tetap cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari, seperti belanja, bekerja, bahkan sebagai aksesori mode yang mencolok saat menghadiri acara bersifat formal dan membutuhkan pernyataan gaya yang unik.

5. Ekspresi budaya dan identitas

Totebag dengan sentuhan batik nyatanya bukan hanya mendukung penampilan pemakainya menjadi lebih menawan dan menarik, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan identitas budaya atau sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya Indonesia.

Itulah beberapa keunggulan totebag dari kain batik. Apakah Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai souvenir kantor? Bacalah artikel terkait berikut untuk mendapatkan gambaran tentang souvenir totebag yang terjangkau beserta tips memilih konveksi terbaik:  7 Rekomendasi Tas Souvenir Totebag Murah dan Tips Memilih Konveksi Tas Terbaik. Selamat membaca!

Inspirasi Desain Tas Tote Bag Batik Untuk Souvenir Kantor

1. Totebag batik eco-friendly

Rekomendasi yang pertama adalah totebag eco-friendly. Totebag ini dapat terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti katun organik atau bahan daur ulang dengan motif batik. Sejalan dengan tren peduli lingkungan yang semakin populer di tengah masyarakat luas, souvenir totebag yang satu ini akan mampu menunjukkan misi dan kepedulian perusahaan Anda terhadap isu lingkungan sehingga memunculkan citra positif di mata publik.

2. Totebag batik kombinasi kulit

Desain totebag yang satu ini bisa dibilang cukup unik dan kontras. Anda dapat menciptakan desain totebag batik yang unik dengan mengombinasikan kain batik sebagai bahan utama dengan elemen kulit atau leather dalam desainnya.

Bahan kulit dikenal sebagai bahan yang memiliki tampilan elegan dan menawan. Sementara itu, batik terkenal dengan estetika tradisional. Jika bahan kulit dikombinasikan dengan batik untuk totebag, tentunya akan tercipta estetika menarik dengan sentuhan tradisional dari batik dan tampilan mewah dari kulit. Dengan keunikan inilah, tas ini akan sangat cocok untuk digunakan saat menghadiri berbagai acara, terlebih untuk jenis acara bersifat formal.

Baca juga:  15 Ide Hiasan Meja Kantor yang Unik dan Jarang Dilihat

3. Totebag batik lipat

Belakangan ini, tas lipat menjadi sangat populer karena sifatnya yang praktis dan sangat berguna di berbagai kesempatan tanpa perlu memakan banyak ruang. Anda dapat memberikan totebag lipat dengan sentuhan batik sebagai souvenir kantor Anda. Benda ini tentu akan banyak disukai karena dapat praktis untuk dibawa kemanapun dan dilipat menjadi ukuran kecil ketika tidak digunakan. Di sisi lain, desainnya juga tidak membosankan karena memiliki motif batik yang menarik.

4. Totebag denim batik

Rekomendasi desain yang selanjutnya bisa dibilang memiliki tampilan paling modern juga trendy. Sesuai namanya, totebag denim batik menggabungkan bahan denim yang menghidupkan kesan modern dengan bahan batik yang memiliki nuansa tradisional. Gabungan elemen desain dari dua bahan yang berbeda tersebut dianggap mampu menciptakan gaya yang lebih kontemporer dan sesuai dengan tren mode masa kini.

Biasanya, totebag ini menggunakan denim sebagai bahan utama karena memiliki tekstur yang kasar dan lebih tebal. Kemudian, pada bagian-bagian tertentu dihiasi dengan beragam motif batik yang bervariasi, mulai dari dengan tampilan klasik hingga lebih modern, tergantung pada desainer dan gaya tertentu. Tidak jarang, totebag denim batik modern sengaja menggabungkan warna-warna kuat dari kedua bahan untuk menciptakan kontras warna dan tekstur yang lebih menarik sekaligus mencolok saat digunakan.

5. Totebag batik perca

Desain totebag batik yang berikutnya akan membuat tas menjadi tidak lagi monoton. Siapa sangka, kain perca batik yang umumnya memiliki corak atau motif terpotong dan sudah tidak digunakan lagi justru dapat dibuat menjadi totebag yang unik dan menarik. Tidak hanya itu, totebag yang dibuat dengan kain perca juga ramah lingkungan dengan tema upcycle dan zero waste karena memanfaatkan limbah bahan batik yang sudah tidak terpakai.  Dengan segala kelebihannya inilah, desain tas dari kain batik perca dapat Anda pilih sebagai inspirasi membuat untuk souvenir totebag.

Baca juga:  7 Tips Melakukan Promosi Ramadhan Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

6. Totebag setengah kain batik

Desain totebag setengah kain batik adalah rekomendasi totebag batik selanjutnya. Dibandingkan dengan desain lainnya, totebag setengah batik ini lebih banyak digemari karena memiliki harga yang lebih terjangkau tanpa menghilangkan unsur estetika tradisional dari batik.

Pada dasarnya, totebag yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kain polos seperti totebag pada umumnya. Kemudian, diberi tambahan kain batik di sebagian totebag, misalnya di bagian bawah, atas, atau sampingnya.

7. Totebag batik kombinasi anyaman

Batik dan anyaman sama-sama memiliki kesan tradisional dan etnik khas Indonesia. Dengan menggabungkan keduanya dalam satu totebag, tentu akan menghasilkan desain yang epik. Kombinasi ini pada dasarnya memang dianggap mampu untuk memberikan tampilan menarik dengan perpaduan antara keindahan batik dan elemen tekstur serta dimensi yang diberikan oleh adanya teknik anyaman.

Dalam pembuatannya, unsur-unsur dari batik digunakan sebagai latar belakang atau bagian utama dari totebag. Sementara itu, elemen teknik anyaman diterapkan sebagai aksen tambahan guna menciptakan tampilan yang lebih menarik juga unik.

Desain totebag batik di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi untuk kebutuhan souvenir totebag di perusahaan Anda. Selain desain, hal lain yang perlu mendapat perhatian lebih salah satunya adalah kualitas dan kesesuaiannya dengan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan souvenir totebag dengan kualitas terbaik serta desain terbaik sesuai perusahaan Anda, percayakan pada Lokasoka. Souvenir Anda dapat dipersonalisasi tanpa mengurangi kualitasnya. Kunjungi Lokasoka sekarang juga dan dapatkan penawaran serta keuntungan menarik lainnya!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat