Souvenir pameran

Rekomendasi Souvenir Pameran yang Bisa Menarik Perhatian Pengunjung

5 menit membaca

Souvenir merupakan alat yang kerap digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai ajang promosi dan branding perusahaan. Biasanya souvenir dibagikan kepada calon client saat perusahaan mengikuti pameran, atau mengadakan event tertentu. 

Di sebuah pameran, tak jarang perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi membagikan souvenir pameran kepada para pengunjung yang hadir. Hal ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek. Selain itu, souvenir juga salah satu strategi yang ampuh lo, untuk menarik banyak pengunjung datang!

Biasanya barang-barang yang dijadikan sebagai souvenir pameran adalah barang-barang yang bernilai fungsionalitas tinggi dan digunakan sehari-hari. Souvenir yang menarik dapat menarik banyak pengunjung datang ke booth pameran Anda. 

Berikut ini ada sebelas rekomendasi souvenir pameran yang bisa menarik perhatian pengunjung. Namun, sebelum itu simak juga 7 Ide Souvenir Marketing Sebagai Strategi Pemasaran. Yuk, disimak!

1. Kipas

Rekomendasi souvenir pameran yang pertama adalah kipas. Karena pameran biasanya dihadiri oleh banyak pengunjung, maka suasana di dalam ruangan cenderung sumpek dan gerah. Dalam situasi seperti itu, keberadaan kipas kerap dibutuhkan. 

Jika perusahaan Anda berencana membuat souvenir pameran, situasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagi souvenir kipas. Namun, sebelum memutuskan Anda perlu memastikan kondisi di lapangan. Jangan sampai perusahaan Anda salah strategi dalam memberikan barang. 

2. Flashdisk

Flashdisk menjadi salah satu barang penting dalam urusan kantor. Benda ini biasa digunakan untuk menyimpan data-data penting di luar perangkat komputer. Jika pameran yang perusahaan Anda ikuti masih berhubungan dengan karir ataupun edukasi, memilih flashdisk sebagai souvenir pameran dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga:  101 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus Cocok Buat Ibu-Ibu, Anak-Anak, dan Remaja

Flashdisk memiliki masa pakai yang cukup panjang, sehingga promosi melalui barang ini dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek oleh penerimanya.

3. Kartu Uang Elektronik Custom

Kartu uang elektronik atau yang biasa disebut dengan E money, sudah menjadi alat pembayaran yang populer di masyarakat, terutama masyarakat di perkotaan. Adanya uang elektronik memudahkan seseorang dalam melakukan pembayaran, tanpa perlu narik uang dari atm. 

Menjadikan kartu uang elektronik sebagai merchandise pameran menjadi ide yang fresh di era modern seperti saat ini. Sebagai strategi marketing, nantinya kartu tersebut dikustomisasi sesuai ciri khas dari perusahaan Anda. Anda dapat menambahkan logo, nama perusahaan, dan lain-lain, sebagai strategi marketing jangka panjang. 

4. Notebook

Souvenir pameran yang tak boleh Anda lewatkan juga adalah notebook. Dalam keseharian, pemakaian notebook sudah menjadi rutinitas oleh pekerja, mahasiswa, maupun pelajar. Benda ini sangat memudahkan pemakainya untuk mencatat dan merincikan informasi. 

Notebook menawarkan banyak ruang untuk strategi marketing. Sampul depan dan belakang, serta halaman dalam, dapat disesuaikan dengan logo, nama perusahaan, dan ciri khas perusahaan. Halaman yang luas ini berpotensi untuk meningkatkan kesadaran merek pemiliknya.

5. Pulpen

Walau terdengar mainstream, namun memberikan souvenir pameran berupa pulpen perlu jadi pertimbangan Anda. Pasalnya, pulpen termasuk benda yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, selain notebook. Oleh sebab itu, jika souvenir diberikan dengan tujuan strategi jangka panjang, maka pulpen bisa jadi solusi yang tepat.

Supaya strategi marketing dengan pulpen ini dapat berhasil sesuai harapan, maka Anda perlu memilih pulpen dengan kualitas tinggi. Pulpen berkualitas memiliki potensi tinggi terus digunakan oleh pemiliknya. Dengan begitu, tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek ini dapat tercapai.

Baca juga:  7 Keuntungan Melakukan Personalisasi Souvenir Perusahaan Sebagai Strategi Branding

6. Tumbler

Karena pemakaian tumbler sudah menjadi rutinitas masyarakat di era saat ini, maka memberikan souvenir pameran berupa tumbler dapat menjadi pertimbangan. Dengan memberikan tumbler sebagai souvenir, secara tidak langsung perusahaan Anda turut berpartisipasi dalam gerakan mengurangi sampah plastik.

Sama seperti pulpen, jika tujuan pemberian souvenir ini adalah strategi marketing jangka panjang, maka Anda perlu memilih tumbler yang berkualitas. Pastikan tumbler yang dipilih memiliki bahan yang kuat dan anti tumpah.Gunakan desain yang sederhana dengan warna-warna cerah.

7. Gantungan Kunci

Jika perusahaan Anda lebih memilih souvenir sederhana, key chain atau gantungan kunci dapat menjadi alternatif. Pada dasarnya tanpa melihat jenis barang, pemberian souvenir pameran sudah berpotensi meningkatkan pengunjung datang ke booth perusahaan Anda. 

Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir terkait jenis barang apapun yang diberikan. Supaya potensi pengunjung datang semakin besar, Anda bisa memilih gantungan kunci unik dan anti mainstream. Hal ini dapat menarik perhatian pengunjung untuk datang.

Suvenir Lokasoka

8. Pin

Pin sebagai souvenir pameran bisa menjadi alat yang efektif untuk strategi marketing. Pin termasuk item kecil, namun memiliki daya tarik besar. Selain itu, pin juga dapat membawa pesan branding perusahaan dengan cara yang menarik.

Jika perusahaan Anda memilih souvenir pameran dengan harga yang ekonomis, pin bisa jadi salah satu pilihannya. Selain harganya yang terjangkau, pin juga mudah didistribusikan, karena ukurannya kecil, ringan, dan mudah disimpan dimana saja. 

9. Mug

Selain tumbler, mug juga dapat menjadi pilihan souvenir pameran yang ramah lingkungan. Mug merupakan benda yang sangat fungsional di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, benda ini berpotensi tinggi untuk disimpan oleh penerimanya. Dengan begitu, pesan yang disampaikan dalam mug tersebut berpotensi besar untuk tercapai. 

Baca juga:  Pahami 8 Perbedaan ID Card dan Name Tag Berikut Ini Agar Tidak Salah Pilih!

Jika memiliki budget lebih, Anda dapat memilih mug dengan kualitas tinggi seperti mug tahan panas. Mug berkualitas tinggi biasanya akan terus digunakan oleh pemiliknya. Hal ini dapat meningkatkan potensi kesadaran merek dari penerimanya. 

10. Pouch

Souvenir pameran lainnya yang bisa jadi inspirasi, yakni pouch. Souvenir yang satu ini termasuk barang yang sedang hits di masyarakat, terutama di kalangan remaja. Sebab pouch dapat digunakan sebagai pengganti dompet ataupun tempat menyimpan barang.

Sebagai strategi marketing, pouch adalah pilihan yang tepat untuk menjangkau pengunjung dari berbagai kalangan usia. Pastikan pouch yang dipilih memiliki desain yang modis, sehingga pouch digunakan dan menjangkau lebih banyak client.

11. Tote Bag

Souvenir pameran yang terakhir dan tidak kalah menarik adalah tote bag. Dalam rangka mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, keberadaan totebag di era saat ini sangat dibutuhkan, terutama saat berbelanja. Oleh sebab itu, memilih tote bag sebagai souvenir pameran bisa jadi salah satu opsi.

Karena tote bag biasa digunakan sehari-hari, disarankan Anda melakukan kustomisasi penambahan logo dan pemilihan warna yang sederhana, Hal ini dapat membuat pemakainya lebih bebas menggunakan tote bag tersebut ke berbagai acara yang dihadiri.  

Itu dia sebelas rekomendasi souvenir pameran yang berpotensi memikat hati pengunjung. Selain pemilihan barang yang akan digunakan, pastikan juga desain yang digunakan pada souvenir memiliki kesan sederhana dan tidak berlebihan. 

Jangan lupa juga untuk membaca artikel Lokasoka lainnya 5 Manfaat Pameran sebagai sarana penunjang informasi masyarakat. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat