10 Pilihan Souvenir Ulang Tahun Perusahaan yang Ramah Lingkungan

5 menit membaca

Dalam era modern yang semakin sadar akan isu-isu lingkungan, banyak perusahaan dan organisasi yang semakin memahami pentingnya mengadopsi praktik ramah lingkungan di tempat kerja. Termasuk dalam berbagai acara penting perusahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan souvenir ulang tahun perusahaan yang ramah lingkungan.

Souvenir ramah lingkungan tidak hanya memberikan manfaat positif bagi alam, tetapi juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengapa souvenir kantor ramah lingkungan itu penting dan apa saja ide souvenir ulang tahun perusahaan yang ramah lingkungan sebagai bagian dari upaya yang baik dalam berbisnis.

Mengapa Memberikan Souvenir Ramah Lingkungan?

Popularitas souvenir ramah lingkungan bukan sekadar dikarenakan oleh keunikannya semata. Souvenir yang ramah lingkungan menunjukkan bahwa perusahaan Anda peduli terhadap isu lingkungan dan berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon.

Dengan memilih souvenir yang berkelanjutan, dapat didaur ulang, terbuat dari bahan organik, atau ramah lingkungan lainnya, Anda berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan. Hal ini juga dapat meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan, pelanggan, hingga mitra bisnis terkait.

Ide Souvenir Ulang Tahun Perusahaan yang Ramah Lingkungan

1. Tumbler Bambu

Tumbler memang telah lama menjadi primadona souvenir perusahaan. Dari sekian banyak jenis tumbler yang ada, tumbler bambu adalah solusi cerdas untuk menghadirkan kesan ramah lingkungan tanpa menghilangkan sisi fungsionalitasnya. Selain itu, desain tumbler yang minimalis dan modern juga dapat disesuaikan dengan logo perusahaan melalui teknik grafir.

Baca juga:  8 Jenis Souvenir Tas Terbaik di Lokasoka Untuk Acara Kantor

Tumbler ini dapat terbuat dari stainless steel berkualitas premium dengan lapisan luar bambu gaya Jepang. Souvenir ulang tahun perusahaan ini mampu menjaga suhu panas dan dingin selama 8-12 jam, dilengkapi dengan saringan di dalamnya, serta memiliki kapasitas 500 mL.

2. Cangkir Bambu

Sama seperti tumbler bambu, cangkir bambu juga unik dan mampu menunjukkan misi keberlanjutan dalam souvenir ulang tahun perusahaan Anda. Selain menambah estetika alami, bambu sebagai bahan utama juga terkenal ramah lingkungan karena pertumbuhannya yang cepat dan kemampuan menyerap karbon yang tinggi.

Cangkir bambu dapat terbuat dari bambu sebagai lapisan luarnya dan stainless steel 304 di bagian dalam yang mampu menahan suhu panas. Dengan kapasitas 200 mL, cangkir ini cocok untuk menyajikan berbagai minuman hangat oleh mitra bisnis Anda.

3. Mug Bambu Besar

Masih seputar bambu, inspirasi souvenir ramah lingkungan untuk acara ulang tahun perusahaan yang selanjutnya adalah mug. Anda bisa memilih mug dengan kapasitas lebih besar dari biasanya, yaitu 450 mL dan tinggi 11.5 cm.

Berbeda dengan mug pada umumnya, mug bambu besar ini adalah bisa menjadi hadiah ideal untuk mitra bisnis yang menyukai kopi atau teh dalam jumlah lebih banyak.    

4. Cutlery Set Bambu

Souvenir terakhir yang masih berkaitan dengan bambu adalah cutlery set atau paket alat makan. Souvenir set peralatan makan dari bambu menjadi alternatif yang stylish dan eco-friendly untuk menggantikan peralatan makan plastik sekali pakai.

Sebagai souvenir ulang tahun perusahaan, cutlery set ini mengajak para penerima untuk lebih peduli dalam mengurangi limbah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Set ini biasanya terdiri dari sendok, garpu, pisau, dan sumpit yang dikemas dalam pouch yang juga ramah lingkungan.

Baca juga:  7 Rekomendasi Kue Kering Lebaran Kekinian dengan Harga Terjangkau

5. Set Berkebun Mini

Apakah Anda menginginkan souvenir yang lebih interaktif dan seru? Set berkebun mini bisa jadi pilihan yang menarik. Set ini biasanya terdiri dari pot kecil, tanah, dan bibit tanaman yang mudah ditanam.

Sejalan dengan tema ramah lingkungan yang ingin dibawa oleh perusahaan, souvenir ini mengajak penerima untuk berpartisipasi dalam gerakan go-green dengan merawat serta menumbuhkan tanaman sendiri.

6. Goodie Bag Blacu

Goodie bag adalah salah satu pilihan souvenir yang populer dalam acara perusahaan. Dibandingkan dengan jenis goodie bag lainnya, goodie bag berhagan kain blacu bisa Anda pilih karena lebih ramah lingkungan, mudah didaur ulang, dan kuat.

Dalam acara ulang tahun perusahaan, goodie bag ini dapat digunakan sebagai wadah beberapa souvenir lain. Sementara itu, setelah acara berakhir, tas ini dapat digunakan kembali oleh penerima sehingga membantu mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai.

7. Tas Goni

Tas berbahan goni memang identik dengan kesederhanaan, tetapi tetap menawarkan tampilan yang elegan. Bahan goni yang alami dan biodegradable merupakan alternatif yang sempurna dibandingkan tas berbahan lainnya.

Tidak hanya itu, desainnya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai souvenir ulang tahun perusahaan yang fungsional sekaligus mendukung upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai.

8. Kaos Eco-Friendly

Ingin memberi souvenir kaos tapi kebanyakan tidak ramah lingkungan? Tak perlu bingung lagi. Anda dapat memberikan kaos eco-friendly yang berbahan organik atau dari bahan daur ulang dengan kualitas dan desain yang tidak kalah menarik dari kaos pada umumnya.

Kaos ini juga dapat dicetak dengan logo atau pesan perusahaan sebagai upaya branding perusahaan Anda.

9. Flashdisk Kayu

Flashdisk jadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh pekerja, termasuk rekan bisnis perusahaan Anda. Untuk itu, berikan flashdisk yang terbuat dari kayu untuk mencerminkan misi keberlanjutan perusahaan Anda.

Baca juga:  10 Rekomendasi Kado Perpisahan untuk Kolega yang Pensiun ataupun Pindah Kantor

Sama seperti flashdisk pada umumnya, flashdisk kayu memiliki kapasitas beragam (4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB) dan dapat di-custom dengan logo melalui grafir, sablon, atau print UV.

10. Set Alat Tulis Ramah Lingkungan

Rekomendasi souvenir ramah lingkungan yang terakhir adalah alat tulis. Alat tulis ini dapat digunakan sehari-hari oleh para penerimanya yang notabene adalah seorang pekerja.

Set alat tulis yang terbuat dari bahan daur ulang seperti kertas, pensil bambu, dan tinta ramah lingkungan sangat cocok dipilih sebagai souvenir ulang tahun perusahaan yang mengusung konsep keberlanjutan.

Sebagai pelengkap, paket souvenir ini juga biasanya dilengkapi dengan notebook. Namun, pastikan Anda memilih notebook yang tepat agar dapat digunakan secara maksimal sesuai pemakainya. Bacalah artikel berikut dan tentukan souvenir notebook yang paling pas untuk souvenir perusahaan Anda: HRD Perlu Tahu! Ini Dia 5 Tips Memilih Notebook yang Tepat Untuk Souvenir Kantor.


Souvenir ulang tahun perusahaan yang ramah lingkungan dapat menjadi simbol komitmen perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Selain itu, souvenir ramah lingkungan juga mampu memperkuat citra perusahaan sebagai organisasi yang peduli terhadap isu-isu global seperti perubahan iklim dan pengurangan limbah.

Di Lokasoka, Anda bisa menemukan berbagai pilihan souvenir ramah lingkungan yang dapat di-custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan acara ulang tahun perusahaan Anda. Pesan souvenir ramah lingkungan custom di Lokasoka sekarang dan tunjukkan komitmen perusahaan Anda terhadap isu lingkungan!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat