Perlengkapan Hotel Apa Saja yang Boleh Dibawa Pulang Tamu?

5 menit membaca
Bagi hotel yang membutuhkan perlengkapan hotel bisa memesannya di Lokasoka
Bagi hotel yang membutuhkan perlengkapan hotel bisa memesannya di Lokasoka (Sumber; Canva)

Jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh sehingga mengharuskan Anda untuk menginap di hotel, maka Anda sebagai tamu yang baik wajib memiliki etika ketika mengunjungi hotel tempat Anda menginap. Di berbagai penginapan, mereka menyediakan perlengkapan hotel yang boleh dipergunakan oleh tamu, peralatan tersebut pasti akan dibubuhi logo hotel sebagai tanda properti kepemilikan mereka.

Di beberapa hotel terdapat kebijakan tersendiri terkait kebolehan membawa perlengkapan hotel yang sudah disediakan. Anda sebagai tamu yang baik tentu harus memperhatikan peraturan seperti ini agar tidak merugikan Anda dan juga pihak penginapan yang telah melayani Anda, menjaga etika ketika mengunjungi hotel juga dapat menghindari Anda dari pengecapan negatif dan bahkan black list ke beberapa penginapan lainnya.

Bagi Anda para traveller yang suka berkunjung ke hotel, juga perlu membaca artikel berikut: Simak 10 Toiletries Kit! Barang Wajib Traveller Saat Perjalanan. Anda akan mengetahui definisi toiletries kit, fungsinya, dan rekomendasinya. Selamat membaca!

10 Perlengkapan Hotel yang Boleh Dibawa Pulang

Perlengkapan hotel yang boleh dibawa pulang mencakup barang sekali pakai, souvenir, dan barang-barang yang memiliki logo hotel yang memang sengaja diperuntukan untuk dibawa pulang. Peralatan hotel dengan logo hotel tersebut bisa menjadi media promosi dengan melalui tamu.

Penting untuk diingat bahwa meskipun banyak hotel mengizinkan tamu untuk membawa pulang beberapa peralatan, hal ini harus dilakukan dengan etika dan pertimbangan yang tepat. Juga penting untuk memperhatikan kebijakan hotel terkait dengan peralatan yang boleh dibawa pulang. Beberapa hotel mungkin memiliki kebijakan yang berbeda tergantung pada jenis peralatan atau mereknya, tetaplah bijak dan hormati kebijakan serta etika yang berlaku.

Beberapa hotel menyediakan berbagai macam perlengkapan hotel berbeda tergantung di mana hotel itu berada, cuaca saat tamu berkunjung, atau jika hotel sedang mengadakan event khusus. Selain hal-hal di atas, secara umum terdapat beberapa perlengkapan hotel yang sah-sah saja dibawa tamu, berikut rangkumannya.

Baca juga:  7 Manfaat Hiasan Meja Kantor yang Jarang Diketahui

1. Alat Mandi

Toiletries kit Lokasoka menjadi salah satu kebutuhan hotel yang boleh dibawa pulang, misalnya shampo dan sabun
Toiletries kit Lokasoka menjadi salah satu kebutuhan hotel yang boleh dibawa pulang, misalnya shampo dan sabun (Sumber: Pexels)

Produk perawatan pribadi seperti sabun, sampo, dan shower gel seringkali disediakan dengan kualitas premium di kamar hotel. Sebagian besar hotel mengizinkan tamunya untuk membawa pulang perlengkapan hotel ini.

2. Tisu Toilet

Tisu toilet adalah salah satu perlengkapan hotel yang umumnya boleh dibawa pulang. Namun, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengambilnya.

3. Sandal Hotel

Sandal hotel, terutama jika berbahan ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Sandal boleh dibawa pulang selama jumlahnya sama dengan jumlah tamu yang berkunjung.

4. Kopi Sachet dan Teh Sachet

Setiap kamar hotel biasanya tersedia kopi sachet dan teh sachet. Anda bisa membawa barang-barang ini ke rumah secara gratis. Makanan dan minuman lainnya juga bebas dibawa oleh para tamu hotel.

5. Moisturizer

Produk pelembap atau moisturizer dalam kemasan kecil juga termasuk dalam kategori peralatan hotel yang umumnya dapat dibawa pulang. Selama masih dalam jumlah wajar, maka tamu boleh membawa pulang sebagai souvenir.

6. Peralatan Mekap

Hotel bisa memesan cotton bud dan peralatan mekap lainnya di Lokasoka dengan harga terjangkau
Hotel bisa memesan cotton bud dan peralatan mekap lainnya di Lokasoka dengan harga terjangkau (Sumber: Pexels)

Produk mekap yang ditempatkan di kamar hotel, seperti cotton bud dan cotton pad seringkali diizinkan untuk dibawa pulang. Anda boleh membawanya selama dalam batas wajar.

7. Alat Sanitasi

Perlengkapan hotel seperti hand sanitazier dan tisu basah merupakan barang yang boleh dibawa pulang. Peralatan tersebut bisa menjadi souvenir bagi para tamu.

8. Peralatan Jahit

Hotel kerap kali menyediakan peralatan jahit yang ditempatkan di kamar hotel. Benang dan alat jahit manual yang disediakan boleh dibawa pulang oleh tamu

9. Tas Belanja

Beberapa hotel menyediakan tas belanja dengan logo atau merek hotel. Tamu biasanya diizinkan untuk membawa pulang tas-tas ini sebagai kenang-kenangan.

Baca juga:  Agar Tidak Repot, Pilih Ukuran Koper Sesuai Kebutuhan Anda

10. Majalah dan Koran

Majalah atau koran yang ditempatkan di kamar hotel seringkali diizinkan untuk dibaca. Jika diperlukan maka tamu diperbolehkan untuk membawanya pulang.

10 Perlengkapan Hotel yang Tidak Boleh Dibawa Pulang

Saat menginap di hotel, tamu akan disediakan berbagai fasilitas dan peralatan berkualitas tinggi untuk kenyamanan. Tamu yang merasa nyaman dengan fasilitas hotel merupakan prioritas utama dan menjadi penunjang bisnis hotel tersebut.

Namun, penting untuk diingat walau sudah nyaman, bukan berarti Anda bisa semudah itu  membawa beberapa perlengkapan hotel sampai mengosongkan tempat tersebut. Anda sebagai tamu yang baik harus bijak dalam bertindak dan mengetahui peraturan di hotel tempat Anda menginap bahwa tidak semua peralatan hotel dapat dibawa pulang.

Dalam daftar perlengkapan hotel terdapat beberapa peralatan yang merupakan properti khusus hotel tersebut, terutama untuk barang-barang jangka panjang. Pembawaan perlengkapan hotel yang dilarang bisa dijadikan tindakan ilegal yang berujung blacklist, bahkan urusan hukum. Berikut adalah daftar sepuluh peralatan hotel yang seharusnya tetap berada di tempatnya:

1. Hair Dryer

Anda bisa mencetak logo dan nama hotel di hair dryer yang Anda pesan di Lokasoka secara gratis
Anda bisa mencetak logo dan nama hotel di hair dryer yang Anda pesan di Lokasoka secara gratis (Sumber: Pexels)

Hair dryer merupakan salah satu alat eksklusif yang tidak ada di setiap kamar hotel. Oleh karena itu, barang ini tidak boleh dibawa oleh pulang oleh para tamu. Anda bisa dikenakan denda jika ketahuan membaca pulang barang ini.

2. Handuk dan Mantel Mandi

Meskipun handuk dan mantel mandi selalu tersedia di tiap kamar, bukan berarti barang-barang ini boleh dibawa pulang. Biasanya peralatan mandi ini memiliki bahan berkualitas tinggi yaitu tebal dan nyaman di kulit. Harga satuannya ratusan ribu sehingga hanya bisa digunakan ketika menginap.

3. Hanger

Hanger menjadi salah satu perlengkapan hotel yang unik. Barang ini memang kecil namun sangat dibutuhkan oleh para tamu. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan membawa barang kecil ini pulang ke rumah.

Baca juga:  15 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Sedang Trend

4. Alat Tulis

Ada alat tulis tertentu yang boleh dibawa pulang, namun ada juga yang tidak boleh. Misalnya adalah buku telpon dan buku yang diperuntukan untuk memberi kesan dan pesan terhadap pelayanan di hotel tersebut. Sedangkan pensil dan buku catatan kecil masih boleh dibawa pulang.

5. Alat Makan

Di dalam kamar hotel, biasanya tersedia sendok dan garpu. Hal ini dibarengi dengan kopi sachet dan teh sachet yang bisa Anda seduh kapan pun. Oleh karena itu jangan membawa alat makan ini karena masih digunakan oleh para tamu lainnya.

6. Jam

Kualitas dari jam hotel tergantung dengan kamar yang dipesannya, semakin eksklusif maka jam dari Lokasoka semakin bagus
Kualitas dari jam hotel tergantung dengan kamar yang dipesannya, semakin eksklusif maka jam dari Lokasoka semakin bagus (Sumber: Pexels)

Tidak semua kamar memiliki jam dinding atau jam meja. Namun jika kamar hotel yang Anda tempati memilikinya, jangan sekali-kali membawa barang ini ke rumah. Anda bisa dikenakan denda karena jam merupakan kebutuhan kamar yang penting.

7. Mesin Kopi dan Ketel

Anda bisa menyeduh kopi, teh, dan minuman lainnya karena dalam kamar hotel tersedia ketel yang bisa memanaskan air hanya dengan dicolok ke stop kontak. Sedangkan tidak semua kamar memiliki mesin kopi. Pada umumnya mesin kopi berada di ruang makan umum yang dapat diakses oleh semua tamu hotel.

8. Payung

Payung hotel tersedia di lobi hotel dekat dengan resepsionis. Anda bisa meminjamnya jika ingin ke luar hotel. Namun jangan lupa untuk mengembalikannya dengan kondisi baik ya.

9. Perlengkapan Tidur

Kasur, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya tidak boleh dibawa pulang. Gunakan sebaik-baiknya ketika Anda sedang menginap. Rapikan tempat tidur sebelum Anda pulang agar pekerjaan house keeping menjadi lebih ringan.

10. Kalender

Kalender menjadi pemanis di dalam kamar hotel. Anda bisa menggunakannya dengan baik ketika sedang menginap. Namun Anda tidak boleh membawa barang ini pulang ya. Jika Anda menyukai desain kalender dari hotel tertentu, Anda bisa melakukan request di Lokasoka untuk dibuatkan.

Demikianlah artikel tentang perlengkapan hotel yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang pertama kali menginap di hotel. Hias rumah Anda dengan elegan seperti di hotel. Bacalah artikel berikut: 20 Cara Dekor Rumah Minimalis yang Mudah dan Murah. Anda bisa menghias dinding, ruangan, dan setiap sudut dari rumah Anda. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat