13 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Berpotensi Go Internasional

5 menit membaca
Bisnis ramah lingkungan semkain menjadi tren saat ini, termasuk Lokasoka yang segera meluncurkan produk-produk eco-friendly yang kreatif dan inovatif
Bisnis ramah lingkungan semkain menjadi tren saat ini, termasuk Lokasoka yang segera meluncurkan produk-produk eco-friendly yang kreatif dan inovatif (Sumber: Canva)

Mencari peluang bisnis yang bagus dan ramah lingkungan dapat dianalisis dari lingkungan sekitar terkait kesehatan, kebersihan, dan sumber dayanya yang bisa dirawat dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar usaha. Menerapkan pemberdayaan barang bekas sebagai usaha menanggulangi penumpukan barang berlebih di lingkungan bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan selama kualitas dan kuantitas diperhitungkan secara matang.

Selain dari barang bekas, bahan alam juga bisa diusahakan sebagai bisnis ramah lingkungan karena tidak menghasilkan bahan-bahan kimia berbahaya serta dapat menjaga kelestarian alam. Bahan alam yang tidak terpakai juga bisa dikembalikan kepada alam dengan diubah menjadi kompos yang dapat menyuburkan tanah serta tanaman.

Berikut telah terangkum ide bisnis ramah lingkungan yang dapat bagus sebagai usaha go green lingkungan. Namun sebelum itu Anda juga bisa membaca artikel tentang 17 Bahan Seragam Ramah Lingkungan beserta Keuntungannya. Dengan memproduksi seragam eco-friendly, Anda juga bisa memulai bisnis yang menarik. Selamat membaca!

3 Keunggulan Bisnis Eco-Friendly Dibandingkan Bisnis Biasa

Lokasoka mulai memasuki bisnis eco-friendly dengan menyediakan produk-produk dari limbah sawit dan anyaman bambu
Lokasoka mulai memasuki bisnis eco-friendly dengan menyediakan produk-produk dari limbah sawit dan anyaman bambu (Sumber: Pexels)

1. Mendukung Konservasi Lingkungan

Salah satu keunggulan utama dari bisnis ramah lingkungan adalah kontribusinya terhadap konservasi lingkungan. Bisnis-bisnis ini berusaha meminimalkan dampak negatif terhadap alam, baik melalui penggunaan bahan baku yang terbarukan maupun praktik produksi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Contoh konkret adalah bisnis tekstil yang menggunakan bahan organik atau daur ulang untuk memproduksi pakaian, mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya. Selain itu, bisnis pertanian organik tidak menggunakan pestisida sintetis atau pupuk kimia, yang dapat mengurangi pencemaran tanah dan air.

Baca juga:  10 Tips Mempersiapkan Presentasi Seminar di Kantor untuk Meningkatkan Karir Anda

2. Menciptakan Inovasi Berkelanjutan

Bisnis ramah lingkungan seringkali menjadi jendela inovasi dalam penerapan teknologi dan praktik bisnis berkelanjutan. Mereka terus berupaya mencari solusi kreatif untuk mengurangi jejak lingkungan mereka.

Contohnya, industri energi terbarukan mengembangkan teknologi baru dalam bidang panel surya, turbin angin, dan baterai penyimpanan. Inovasi-inovasi ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan memacu pertumbuhan ekonomi.

3. Meningkatkan Citra dan Nilai Perusahaan

Kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan semakin meningkat, dan konsumen cenderung lebih suka berhubungan dengan bisnis yang memiliki komitmen terhadap kelestarian alam. Bisnis yang mengadopsi praktik ramah lingkungan cenderung mendapatkan dukungan lebih besar dari konsumen.

Selain itu, bisnis-bisnis ini juga lebih mungkin mendapatkan investasi dari pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan, seperti lembaga keuangan yang mendorong pembangunan berkelanjutan. Hal ini membuktikan bahwa bisnis eco-friendly tidak hanya memberikan keuntungan bagi lingkungan, tetapi juga bagi kesehatan finansial dan reputasi perusahaan.

10 Ide Bisnis Ramah Lingkungan

Penggunaan tumbler dari Lokasoka menunjukkan dukungan terhadap hidup yang menjaga alam (Sumber: Pexels)

1. Toko Baju Bekas

Ide bisnis pertama adalah membuka toko baju bekas, atau biasa dikenal dengan nama thrift shop. Sebagai peluang bisnis ramah lingkungan yang menjanjikan, membuka toko baju bekas dapat mengurangi limbah tekstil yang dapat memengaruhi keberlangsungan hidup mahluk-mahluk kecil di tanah dan perairan akibat dari gas rumah kaca yang dikeluarkan oleh limbah tekstil tersebut.

2. Produk Organik

Membuat produk organik yang dibuat secara handmade atau manual seperti sabun dapat menjadi ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya. Produk organik dapat memberikan manfaat lingkungan yang besar serta mengurangi limbah dan mengubahnya menjadi lebih bermanfaat, produk organik bisa dijadikan solusi pemberdayaan sumber daya alam agar tidak terbuang percuma.

Baca juga:  10 Tips Jaga Kesehatan Bagi yang Bekerja di Bulan Puasa Ramadhan

3. Aksesoris dari Barang Bekas

Barang-barang bekas seperti botol plastik, kain perca, sisa potongan kayu, dan batok kelapa dapat dimanfaatkan menjadi bahan dasar pembuatan aksesoris dengan nilai jual tinggi tergantung dari keahlian untuk merancangnya. Meski begitu, peluang bisnis ramah lingkungan ini bisa menumbuhkan potensi pemberdayaan sumber daya, baik sumber daya lingkungan maupun sumber daya manusianya.

4. Audit Energi dan Green Consulting

Bisnis ramah lingkungan tidak hanya mengolah barang secara langsung, tapi juga dibutuhkan  manajemen yang tepat, juga strategi agar dapat mengolah sumber daya alam dengan lebih baik dan menilai konsumsi energi dan emisi karbon dari bisnis yang dijalankan. Menawarkan jasa sebagai audit energi dan konsultasi bisa mendapatkan reputasi penting sebagai salah satu pelaku usaha pemberdayaan secara tepat dan efisien.

5. Green Finance

Green finance menawarkan berbagai jenis bisnis, salah satunya yaitu mengolah barang rongsok, bisnis ini adalah bisnis ramah lingkungan yang dekat dan lebih dikenal masyarakat, mau masyarakat besar ataupun kecil, melalui bisnis satu ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk mengurangi limbah dan barang bekas tak terpakai di rumah mereka. Selain rongsok, investasi pada pertanian organik juga diberdayakan oleh green finance.

6. Membuat dan Menjual Kosmetik Organik

Skin care dan make up ramah lingkungan bisa dipesan di Lokasoka dari UMKM terkurasi (Sumber: Pexels)

Meracik kosmetik bisa menjadi ide bisnis ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan alami sebagai bahan dasar pembuatannya, kosmetik dan perawatan kecantikan lainnya membuka usaha bagus dalam bisnis ramah lingkungan. Selain memanfaatkan lingkungan, kosmetik organik juga lebih sehat untuk kulit dan banyak dicari oleh para pelaku go green di berbagai macam negara, pelestarian alam dan pemanfaatannya bisa diberdayakan dengan lebih maksimal.

Baca juga:  20 Cara Dekor Rumah Minimalis yang Mudah dan Murah

7. Pengrajin Kaca

Limbah berupa kaca dapat didaur ulang menjadi barang lain seperti cangkir, toples kaca, atau tumbler kaca dengan nilai jual tinggi serta berbagai macam kegunaan lainnya. Pemanfaatan limbah kaca juga bisa menjadi peluang bisnis ramah lingkungan dengan mengolah kaca untuk dijadikan kerajinan lain seperti mata kalung antik, mata cincin eksotik, dan bahan dasar lukisan bernilai estetika dan alami.

8. Mainan Ramah Lingkungan

Pemanfaatan limbah industri seperti sisa potongan kayu, potongan bambu, dan kain sisa dapat diolah menjadi beragam mainan anak yang dapat menunjang pengetahuan mereka akan pentingnya kesadaran menjaga lingkungan dan belajar dalam cara pengolahannya. Mengambil ide ini sebagai bisnis ramah lingkungan dapat menciptakan keteraturan dalam pemberdayaan limbah di lingkungan sekitar.

9. Penyuplai Bahan Makanan

Bisnis ramah lingkungan berupa supplier bahan makanan akan membantu usaha UMKM seperti restoran lokal dan/atau pasar tradisional dalam berjualan, mereka tak perlu mencari barang untuk didagangkan jauh-jauh ke para petani, begitu juga petani dapat mudah menjualkan hasil buah lahan mereka. Selain itu, bahan makanan yang disediakan tanpa bahan nonkimia dapat dijadikan acuan pemeliharaan lingkungan bersih dan sehat.

10. Vermak dan Jual Furniture Lama

Furnitur lama seperti sofa, meja, lemari, dan kursi antik dapat menjadi peluang bisnis ramah lingkungan karena dapat mengurangi dampak penumpukan barang berlebih yang dapat memengaruhi kesehatan lingkungan. Penjualan furnitur lama diperkirakan dapat meraup untung besar karena furnitur hanya akan dicari oleh para kolektor yang sanggup membayar mahal satu furnitur antik yang dijual.

Demikianlah beragam ide bisnis yang menarik, pilihlah yang mudah terlebih dahulu untuk dieksekusi. Salah satu bahan produk ramah lingkungan yang akhir-akhir sedang naik daun adalah sawit. Bacalah artikel untuk mengetahui informasi lebih lengkap: Produk Ramah Lingkungan dari Limbah Sawit: Manfaat, Contoh Produk, dan Tempat Memesan. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat