8 Rekomendasi Souvenir Seminar Ramah Lingkungan

5 menit membaca

Selain snack, biasanya panitia seminar juga akan memberikan souvenir seminar kepada para peserta. Souvenir yang diberikan ini umumnya masih berkaitan dengan tema seminar yang diangkat. Misalnya seminar bertema lingkungan, biasanya memberikan souvenir dari bahan daur ulang, dan lain-lain.

Seminar adalah tempat yang baik untuk memberi edukasi kepada masyarakat. Salah satu edukasi yang dapat diberikan di luar tema seminar, yakni tentang pentingnya memilih produk-produk yang ramah lingkungan. Edukasi ini bisa diawali dengan memberikan souvenir ramah lingkungan pada peserta seminar. 

Berikut ini ada delapan rekomendasi souvenir seminar yang ramah lingkungan yang bisa jadi inspirasi Anda. Sebelum itu, simak juga Rekomendasi 10 Toko Souvenir Pernikahan Murah di Jakarta. Yuk, disimak!

Tips Memilih Produk Souvenir Ramah Lingkungan

Souvenir seminar sabun organik
Souvenir seminar sabun organik

Sebelum membeli souvenir, alangkah baiknya Anda mengetahui kualitas produk yang dibeli. Sebelum membeli souvenir ramah lingkungan, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Berikut tips memilih produk souvenir ramah lingkungan:

1. Pastikan Produk yang Dipilih Tidak Merugikan Hewan atau Lingkungan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih souvenir ramah lingkungan adalah mengetahui bahan produk yang digunakan. Produk ramah lingkungan dapat berarti bahwa produk tersebut dibuat dengan bahan-bahan organik, yang tidak merusak lingkungan. Selain tidak merusak lingkungan, pastikan juga kalau produk yang dipilih tidak merugikan satwa.

2. Keberlanjutan Bahan

Pertimbangkan untuk memilih souvenir berasal dari bahan daur ulang ataupun bahan yang dapat terurai secara alami. Hal ini dapat bantu mengurangi penumpukan limbah di tempat pembuangan akhir, serta mendukung siklus hidup produk yang lebih baik. 

Baca juga:  7 Arti Seragam Kerja Berdasarkan Warnanya 

3. Keamanan dan Kesehatan

Penting untuk mengutamakan keamanan dan kesehatan saat memilih souvenir ramah lingkungan. Pastikan souvenir yang Anda pilih tidak mengandung zat berbahaya dan dipastikan aman untuk kesehatan dan keamanan. 

Rekomendasi Souvenir Seminar Ramah Lingkungan

Souvenir seminar ramah lingkungan
Souvenir seminar ramah lingkungan

Setelah mengetahui tips memilih souvenir ramah lingkungan yang tepat, berikut beberapa rekomendasi souvenir seminar yang bisa jadi pilihan Anda:

1. Tas Daur Ulang

Salah satu cara bijak dalam mengurangi sampah plastik adalah melakukan kegiatan daur ulang. Tas daur ulang ini bisa jadi souvenir seminar yang tak hanya unik, tetapi juga mendukung pelestarian lingkungan. Nantinya tas daur ulang ini bisa dimanfaatkan sebagai tas belanja, sehingga tak perlu menggunakan kantong plastik. 

Selain tas daur ulang, Anda juga bisa memilih souvenir ramah lingkungan berupa tas eco friendly. Jenis tas ini biasa terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, seperti kanvas, polyester, anyaman bambu, dan lain-lain.

2. Peralatan Makan Minum

Untuk mengurangi sampah plastik bisa diawali dengan tidak menggunakan peralatan makan dan minum dari plastik, seperti gelas, sedotan, hingga sendok plastik. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk membawa peralatan makan dan minum pribadi. Hal ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memberikan souvenir seminar yang ramah lingkungan.

Selain sendok dan garpu, saat ini beberapa sedotan juga terbuat dari bahan stainless untuk mengurangi pemakaian plastik. Sedotan jenis ini cukup awet, karena bisa dicuci dan digunakan berkali-kali. Peralatan makan dan minum ini bentuknya juga cukup compact, sehingga mudah dimasukkan dalam tas.

Souvenir seminar

3. Sabun Organik

Selain alat-alat rumah tangga, souvenir seminar lainnya yang bisa jadi inspirasi Anda adalah sabun organik. Sabun organik adalah sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa campuran bahan kimia. Biasa sabun jenis ini terbuat dari ekstrak tumbuhan, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain. 

Baca juga:  Rayakan Hari Kemenangan Dengan 13 Pilihan Hampers Lebaran di Lokasoka!

Sabun organik termasuk souvenir ramah lingkungan, sebab biasanya sabun jenis ini dibuat dalam bentuk batang yang meminimalisir pemakaian plastik. Selain ramah lingkungan, sabun organik juga umumnya aman digunakan untuk kulit yang sensitif. 

4. Tumbler

Selain peralatan makan, tumbler juga juga salah satu cara yang bagus untuk mengurangi pemakaian plastik. Tumbler dapat dicuci dan digunakan berulang kali sebagai alat minum saat di luar, sehingga tidak memanfaatkan gelas plastik sekali pakai. Hal ini sangat tepat jika fokus Anda adalah memberikan souvenir ramah lingkungan kepada peserta seminar. 

Kini pemakaian tumbler di masyarakat juga sedang trend, sehingga hal ini membawa dampak positif bagi lingkungan. Oleh karena itu, memilih tumbler sebagai souvenir seminar yang ramah lingkungan bisa jadi solusi. 

5. Keychain Bahan Alami

Keychain atau gantungan kunci juga bisa jadi ide souvenir seminar yang menarik. Keychain dari bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, kulit kerang, batu alam, dan lain-lain bisa jadi souvenir ramah lingkungan yang memberikan nilai estetika tinggi. 

Walau sederhana, hadiah ini bisa memberikan kesan bermakna bagi penerimanya. Dengan begitu, souvenir seminar ini akan terus diingat oleh para peserta. 

6. Sapu Tangan 

Selain tas, Anda juga bisa memberikan sapu tangan sebagai alternatif souvenir seminar ramah lingkungan. Jika biasanya kita memanfaatkan tisu sebagai lap, kini Anda bisa beralih menggunakan sapu tangan untuk mengurangi pemakaian tisu. Tisu berasal dari pengolahan kayu, sehingga dengan mengurangi tisu Anda juga turut mengurangi penebangan pohon. 

Sapu tangan juga merupakan souvenir ramah lingkungan, karena umumnya sapu tangan terbuat dari bahan katun organik. Mendukung penggunaan sapu tangan sebagai souvenir ramah lingkungan juga dapat meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dan pentingnya mengurangi sampah.

Baca juga:  17 Bahan Seragam Ramah Lingkungan Beserta Keuntungannya

7. Sukulen

Selain menjadi souvenir ramah lingkungan, sukulen bisa jadi tanaman untuk membantu jaga kelembaban ruangan. Ciri khas dari sukulen adalah daunnya yang tebal dan berdaging, seperti pohon kaktus dan lidah buaya. 

Souvenir seminar ini tidak hanya melembabkan ruangan, tetapi juga bisa jadi dekorasi ruangan. Menjadikan sukulen sebagai souvenir seminar bisa jadi ide yang menarik, karena souvenir ini akan terlihat anti mainstream dan berbeda dengan souvenir seminar pada umumnya.

8. Agenda

Produk yang satu ini mungkin sudah sering dijadikan sebagai souvenir seminar. Produk ini memiliki nilai fungsionalitas tinggi dalam kegiatan sehari-hari, sehingga banyak dipilih sebagai souvenir yang bermanfaat. Dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan, Anda bisa memilih agenda berbahan kanvas, kain, ataupun anyaman dari bambu.

Agenda dengan bahan-bahan alami ini tak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga memberikan kesan estetis pada produk. Agenda juga memiliki area yang luas untuk melakukan personalisasi dengan nama perusahaan. 

Itu dia delapan rekomendasi souvenir seminar ramah lingkungan yang bisa jadi inspirasi Anda. Souvenir seminar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari hal-hal sederhana. 

Baca juga artikel Lokasoka lainnya lainnya, 4 Jenis Kalender Terlaris untuk Souvenir Kantor.  Jika Anda berencana membuat hadiah custom, Lokasoka dapat membantu Anda dalam pembuatan hadiah custom kualitas terbaik. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, goodie bag dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat