Selamat kepada CTO Lokasoka atas prestasinya yang membanggakan, semoga semakin sukses

Spark Fall 2023 Japan: Tito Guntur Safirda, CTO Lokasoka Terpilih Menjadi Peserta

4 menit membaca
Selamat kepada CTO Lokasoka atas prestasinya yang membanggakan, semoga semakin sukses
Selamat kepada CTO Lokasoka atas prestasinya yang membanggakan, semoga semakin sukses

Dalam dunia yang terus berubah dengan laju teknologi, Tito Guntur Safirda menjadi sosok inspiratif bagi banyak orang. Beliau adalah CTO Lokasoka dan commodity trader yang concern pada pengelolaan limbah perkebunan. Sejak kuliah semangatnya dalam bidang sustainability sudah tampak. Ia mengikuti berbagai lomba dan inkubasi start-up guna mewujudkan mimpinya sebagai wirausahawan. Kini ia semakin matang menekuni bidang sustainability entrepreneurship.

Sustainable entrepreneurship saat ini menjadi bidang yang menarik untuk ditekuni. Untuk mendalaminya, beliau mendaftar dalam program Spark Fall 2023 by Moon Creative Lab dan berhasil menjadi peserta terpilih. Kini, kisah perjuangannya sebagai pemuda Indonesia yang inspiratif diabadikan dalam buku ‘Untukmu Almamaterku’ yang diterbitkan oleh Universitas Ciputra Surabaya bekerja sama dengan Prof. Dr. Dahlan Iskan. Mari kita simak lebih lanjut cerita CTO Lokasoka ini!

Peserta Terpilih Spark Fall 2023 by Moon Creative Lab

Tito Guntur Safirda, CTO Lokasoka, sebagai peserta Fall Moon Sparks 2023
Tito Guntur Safirda, CTO Lokasoka, sebagai peserta Fall Moon Sparks 2023

Moon Creative Lab merupakan studio ventura yang menjadi pendorong lahirnya bisnis-bisnis baru. Salah satu programnya adalah Spark. Program Spark by Moon Creative Lab merupakan kesempatan berharga bagi para profesional kreatif yang ingin mempelajari kewirausahaan namun belum memiliki ide bisnis baru. Tito Guntur Safirda terpilih sebagai salah satu peserta dalam periode musim gugur yang dinamakan Spark Fall 2023.

Selama delapan minggu berturut-turut, Spark Fall 2023 akan diselenggarakan secara hybrid di Kota Tokyo, Jepang dan secara daring. Materi yang akan dipelajari termasuk konsep bisnis/produk yang telah divalidasi dengan pelanggan nyata; rencana bisnis terperinci dengan strategi go-to-market awal; pitch deck yang meyakinkan; dan landing page sungguhan untuk memperkenalkan ide tersebut kepada dunia.

Baca juga:  Tim Lokasoka Menghadiri Bootcamp Start-Up Program PRIMESteP x Asian Development Bank x STP IPB University 2023

CTO Lokasoka ini berkesempatan untuk menimba ilmu dari para expertise di bidangnya masing-masing. Dengan mempelajari semua ini, ia dapat mulai merealisasikan ide barunya. Dampak positif yang dapat beliau berikan sebagai sustainable entrepreneurship adalah mengidentifikasi permasalahan sustainable khususnya di Indonesia. Setelah itu barulah merancang konsep dasar bisnis yang ingin dibangun.

Kolaborasi dengan expertise maupun rekan dari mancanegara bukan hanya untuk meningkatkan networking. Akan muncul banyak konsep out-of-the-box melalui brainstorming bersama orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda. Terlebih lagi jika saling bercerita mengenai kondisi negara masing-masing kepada peserta lain yang memiliki kondisi mirip dengan Indonesia. Hal ini akan menjadi momen tidak terlupakan bagi setiap peserta termasuk beliau. 

Tito Guntur Safirda sebagai Alumnus Universitas Ciputra

Tito Guntur Safirda, CTO Lokasoka, sebagai Alumnus Universitas Ciputra berprestasi
Tito Guntur Safirda, CTO Lokasoka, sebagai Alumnus Universitas Ciputra berprestasi

Setelah membahas program terbaru yang akan diikuti oleh Tito Guntur Safirda, bahasan selanjutnya adalah sosok Tito sebagai alumnus Universitas Ciputra. Beliau berkuliah dari tahun 2017 hingga 2021 dengan jurusan Information System for Business (ISB). Saat awal masuk kuliah, ia sama sekali belum memiliki basic skills teknologi.

Beliau pantang menyerah dan menangkap peluang di industri teknologi. Ia melihat bahwa tren mendatang akan cenderung fokus pada perkembangan teknologi yang sangat dibutuhkan pada banyak bidang pekerjaan. Ia juga mengungkapkan banyak sekali pelajaran yang didapatkan selama berkuliah di Universitas Ciputra Surabaya hingga membentuk dirinya yang sekarang, termasuk menjadi CTO Lokasoka.

Kisah inspiratifnya dapat dibaca lebih lengkap dalam buku ‘Untukmu Almamaterku’ yang telah terbit pada tanggal 15 September 2023. Artikel yang memuat tentang beliau berjudul ‘Tiap Gagal Dapat Pelajaran’ yang dikumpulkan dari hasil wawancara pihak kampus. Banyak pelajaran dari perjalanan hidup maupun perjalanan karir Tito Guntur Safirda terutama bagi pemuda dan pemudi yang tertarik mendalami dunia digital.

Baca juga:  Beli Travel Kit Religi, Bisa Ikutan Undian Umroh Gratis, Support By Lokasoka x LEKA x HIJUP x Curated by Nimma

Bukan hanya tentang Tito, kisah alumni sukses lain tidak kalah menarik diabadikan dalam buku hasil kerja sama dengan Prof. Dr. Dahlan Iskan tersebut. Buku ini kemudian diperkenalkan dalam acara Dies Natalis ke-17 Universitas Ciputra Surabaya. Harapannya melalui buku ini, semakin banyak jiwa muda yang tergerak untuk meraih mimpi.

Kesimpulan

Pesan souvenir perusahaan di Lokasoka sebagai cara meningkatkan company branding
Pesan souvenir perusahaan di Lokasoka sebagai cara meningkatkan company branding

Dalam perjalanan yang menginspirasi ini, Tito Guntur Safirda telah membuktikan bahwa semangat, dedikasi, dan ketekunan adalah kunci sukses. Dari langkah awal sebagai mahasiswa yang belum memiliki basic skills teknologi hingga menjadi CTO Lokasoka dan peserta terpilih program Spark Fall 2023. Beliau telah menorehkan jejak yang menginspirasi banyak orang.

Dengan keterlibatan dalam sustainable entrepreneurship dan kolaborasi lintas batas dengan para expertise, ia telah membuktikan bahwa visi untuk keberlanjutan tidak hanya sebuah impian, tetapi dapat diwujudkan melalui tindakan nyata. Kisahnya yang menghiasi halaman ‘Untukmu Almamaterku’ adalah sumber inspirasi bagi generasi penerus, mengajak untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan berjuang mewujudkannya.

Berita terbaru tentang Lokasoka bisa Anda baca di link berikut: Lokasoka sebagai Tenant Inovatif Dalam Acara Orasi Ilmiah Presiden Joko Widodo di IPB University. Melalui pameran ini, Lokasoka semakin dikenal sebagai platform yang membangun ekosistem positif bagi para UMKM lokal. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat