Hadiah Berkesan Buat Karyawan Pensiun Apa Saja?

4 menit membaca
Lokasoka memberikan banyak pilihan hadiah bagi karyawan pensiun
Lokasoka memberikan banyak pilihan hadiah bagi karyawan pensiun

Setiap perusahaan pada akhirnya akan memiliki karyawan pensiun. Karyawan ini biasanya memiliki umur yang senior dan kurang produktif saat bekerja. Oleh karena itu untuk menghargai kerja kerasnya untuk perusahaan, akan diulas berbagai hadiah berkesan untuk mereka.

Bukan hanya rekomendasi hadiah, ketika memilih barang-barang bagi karyawan pensiun pun Anda harus memerhatikan beberapa tips yang ada. Mulai dari budget hingga mengkurasi barang-barang agar mendapatkan yang berkualitas. Pastikan memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Bukan hanya karyawan pensiun yang membutuhkan hadiah kenang-kenangan. Artikel berikut juga direkomendasikan bagi Anda: 15 Ide Produk Ramah Lingkungan untuk Bisnis dan Hadiah. Banyak rekomendasi hadiah eco-friendly yang harganya terjangkau. Selamat membaca!

10 Hadiah Berkesan untuk Karyawan Pensiun

Beragam paket custom hampers menarik dari Lokasoka sebagai hadiah bagi karyawan
Beragam paket custom hampers menarik dari Lokasoka sebagai hadiah bagi karyawan

1. Gambar Karikatur

Beri kenang-kenangan manis dan unik dengan menghadiahkan karyawan pensiun gambar karikatur dalam berbagai gaya dan tema, Anda bisa menyelipkan salam perpisahan di antara gambar tersebut

2. Televisi dan Game Konsol

Sebagian karyawan yang sudah senior akan menghabiskan banyak waktu mereka di rumah, untuk menghindarkan kebosanan hadiahkan mereka televisi dan game konsol yang bisa dimainkan bersama anak-cucu

3. Perlengkapan Olahraga

Di masa pensiun jangan sampai lupa berolahraga, bagikan perlengkapan olahraga seperti set golf, bola sepak, bola basket, atau set badminton pada karyawan pensiun sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh

4. Tiket Konser

Jika karyawan pensiun memiliki kecintaan terhadap band/penyanyi musik tertentu, akan sangat bagus menghadiahkan mereka tiket konser band/penyanyi favorit agar suasana perpisahan tidak menyedihkan

5. Travel Kit

Atau jika karyawan pensiun senang traveling, tiket liburan ke kota atau negara impian si karyawan bisa menjadi hadiah berkesan bagi mereka yang sudah lama bekerja di perusahaan, berikan juga travel kit sederhana sebagai pelengkap.

Baca juga:  Apa itu Tumbler Olahraga? Temukan 13 Fungsi dan Rekomendasinya

6. Mesin Kopi

Agar karyawan pensiun dapat menghemat dana pensiun mereka, apalagi dalam urusan ngopi, mesin kopi akan sangat cocok dijadikan hadiah perpisahan dan dapat menjaga kadar gula mereka

7. Hiasan Bunga Kering

Selain karikatur, foto kebersamaan selama bekerjasama disertai hiasan bunga kering dalam bingkai sederhana dapat menjadi potret tak terlupakan, sematkan juga prestasi apa saja yang sudah dicapai si karyawan

8. Hampers Custom

Bagi karyawan pensiun yang memiliki hobi menulis, hampers custom berisi notebook dan tumbler yang dipersonalisasikan dengan logo perusahaan dan nama mereka akan menjadi hadiah istimewa

9. Bibit Tanaman

Berkebun bisa dijadikan momen me time yang chill dan menyengangkan, maka tepat menghadiahkan karyawan pensiun bibit tanaman dan kit berkebun sederhana agar mereka memiliki kegiatan bermanfaat

10. Mug Keramik Custom

Hadiah berupa mug keramik custom dengan pemanas listrik akan cocok bagi karyawan pensiun yang menyukai minuman panas seperti teh, kopi, dan susu, dengan hadiah ini karyawan tak perlu repot menyalakan kompor atau memasak banyak air.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memberikan Hadiah untuk Karyawan Pensiun

Travel Kit Lokasoka memiliki isian yang unik dan berkolaborasi dengan brand terkenal
Travel Kit Lokasoka memiliki isian yang unik dan berkolaborasi dengan brand terkenal

Setelah membaca sepuluh ide hadiah yang berkesan untuk karyawan pensiun, ada baiknya sebelum datang hari-H perpisahan, Anda harus menentukan hadiah terbaik dari beberapa segi, hal ini dapat memberikan efisiensi dan kemudahan bagi Anda. Tetap memberikan hadiah berkualitas dan yang dapat memberikan kesenangan bagi karyawan pensiun akan menambah kesan tersendiri ketika mereka menerima hadiah dari Anda.

Berikut rangkuman yang dapat memudahkan Anda dalam memilih hadiah untuk karyawan pensiun.

Kalkulasikan Budget

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah budget yang Anda miliki, kalkulasikan apakah keuangan yang Anda punya mampu untuk dibelanjakan untuk hadiah yang sudah Anda tentukan atau tidak. Hal ini harus diperhatikan agar menghindarkan Anda dari pengeluaran berlebih atau bahkan bangkrut mendadak karena pemaksaan yang Anda lakukan.

Baca juga:  15 Perlengkapan Sekolah yang Wajib Dimiliki Agar Anak Berprestasi

Tapi, jika hadiah yang Anda pilih dirasa bagus dan tepat sementara Anda sendiri tidak memiliki uang yang cukup untuk membelinya, Anda bisa mendiskusikan ide tersebut dengan teman-teman sepekerjaan Anda dan menyepakati untuk melalukan patungan yang setara. Dengan opsi ini Anda beserta teman-teman bisa lebih hemat karena hadiah dibayar bersama-sama dan bisa memberikan solusi kekurangan dana.

Hobi Karyawan Bisa Jadi Solusi

Jika Anda sudah mengkalkulasikan budget yang Anda punya tapi masih bingung mau memberikan hadiah yang seperti apa, sementara teman-teman Anda sudah menentukan berbagai macam hadiah kepada karyawan, Anda bisa menghadiahkan peralatan sederhana tapi berkualitas yang bisa disesuaikan dengah hobi si karyawan. Dengan hadiah ini karyawan pensiun akan terharu karena Anda perhatian pada dirinya, juga bisa menunjang hobi karyawan agar menjadi lebih baik di masa mendatang.

Hadiah berdasar hobi adalah hadiah yang tidak akan pernah ditolak dan diterima dengan sepenuh hati, jadi Anda tak perlu terlalu bingung dengan pilihan hadiah selama hadiah tersebut masih berhubungan dengan hobinya. Dari hobi, relasi pertemanan Anda dengan karyawan pensiun dapat tetap terjaga kareja kesan menyenangkan yang telah Anda bagi.

Hadiahkan Masa Pensiun dengan Hal Bermanfaat

Jika karyawan pensiun tidak memiliki hobi spesifik seperti senang melukis, berolahraga, atau bermusik, Anda bisa memberikan hadiah yang dapat menunjang masa pensiun untuk beraktivitas lebih banyak. Jangan sampai hadiah yang Anda berikan justru tidak berguna banyak, atau bahkan dibuang percuma.

Hadiah bermanfaat yang Anda berikan selain bagus untuk aktivitas karyawan pensiun, juga harus bisa melestarikan lingkungannya agar si karyawan tidak kesulitan dalam menjalani aktivitas masa tuanya. Selain itu, memberikan hadiah yang memudahkannya dalam melakukan rutinitas harian akan sangat membantu mereka, sehingga dapat menjadikan masa pensiun sebagai masa terbaik dalam hidup.

Baca juga:  10 Barang Wajib di Hampers Imlek yang Membawa Keberuntungan

Demikianlah artikel yang bermanfaat bagi para HR yang bingung ingin memberikan hadiah apa bagi karyawan yang akan pensiun. Artikel lainnya yang juga perlu dibaca oleh Anda adalah 15 Ide Souvenir Kantor Eksklusif, Inspiratif, dan Masih Jarang di Indonesia. Berikan kenang-kenangan yang masih jarang ada untuk menunjukkan keistimewaan perusahaan Anda. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat