Simak! Jenis-Jenis Kemasan Produk, Fungsi, dan Contohnya

6 menit membaca
Pilih jenis-jenis kemasan yang sesuai dengan produk yang akan dikemas untuk pelanggan

Dalam dunia bisnis, kemasan memiliki peran yang sangat penting. Selain menjaga produk tetap aman dan terjaga kualitasnya, kemasan juga menjadi faktor utama dalam memikat konsumen untuk membeli produk Anda. Dalam artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis kemasan yang ada, fungsinya, contohnya, hingga bagaimana cara memilih kemasan yang tepat untuk produk Anda.

Bukan hanya tentang jenis-jenis kemasan, bagi Anda yang ingin membuka usaha catering perlu mengetahui juga ciri-ciri paper lunch box untuk usaha catering dapat membacanya di link artikel berikut ini: Ciri-Ciri Paper Lunch Box yang Bagus untuk Usaha Catering. Selain dari kualitas bahan, Anda juga harus mempertimbangkan desain yang ditawarkan.

Lokasoka menyediakan pelayanan desain menarik secara gratis sebanyak dua kali. Anda dapat mendesainnya sesuai kebutuhan. Untuk lebih lengkapnya, mari ketahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis kemasan produk hingga cara-cara memilih kemasan yang tepat.

Apa itu Kemasan?

Sebelum masuk ke dalam jenis-jenis kemasan, mari bahas terlebih dahulu tentang apa itu kemasan. Kemasan adalah bahan atau wadah yang digunakan untuk melindungi produk dari kerusakan, kerusakan, atau pencurian selama transportasi, penyimpanan, dan penjualan. Kemasan dapat berupa kotak, tas, botol custom, atau bahan lainnya yang sesuai dengan produk.

Jenis-Jenis Kemasan Produk

Kemasan produk merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis, terutama untuk bisnis catering. Kemasan yang menarik dan fungsional dapat membantu meningkatkan citra brand dan penjualan produk. Berikut adalah beberapa jenis-jenis kemasan produk yang umum digunakan di dalam industri catering.

1. Kemasan karton

Jenis-jenis kemasan karton banyak dipakai dalam industri tekstil dan makanan

Kemasan karton merupakan salah satu jenis kemasan yang sering digunakan dalam industri mana pun. Kemasan ini biasanya digunakan untuk produk makanan, minuman, atau barang-barang yang perlu dikirimkan ke tempat lain. Kemasan karton umumnya terbuat dari bahan kertas yang kokoh dan tahan air sehingga produk yang dikemas dapat terjaga keamanannya.

2. Kemasan plastik

Jenis-jenis kemasan seperti plastik mendominasi karena bahannya mudah dibuat dan relatif murah

Kemasan plastik merupakan jenis kemasan yang sangat populer, salah satunya karena harganya relatif murah. Kemasan plastik dapat digunakan untuk produk-produk yang membutuhkan perlindungan dari udara, air, dan cahaya, seperti makanan, minuman, kosmetik, dan barang-barang elektronik. Kemasan plastik juga dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan produk.

Baca juga:  10 Tips Mempersiapkan Presentasi Seminar di Kantor untuk Meningkatkan Karir Anda

3. Kemasan kaleng

Jenis-jenis kemasan kaleng banyak digunakan dalam industri makanan kaleng yang dapat bertahan lama

Kemasan kaleng biasanya digunakan untuk produk makanan dan minuman dalam kemasan tertutup yang dapat bertahan lama. Kemasan kaleng juga dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap bahan makanan yang mudah rusak seperti makanan kaleng dan minuman berkarbonasi.

4. Kemasan kaca

Jenis-jenis kemasan kaca memiliki nilai estetika selain nilai ekonomis untuk menyimpan produk

Kemasan kaca sering digunakan untuk produk-produk premium dan mewah. Kemasan kaca dapat memberikan tampilan yang elegan dan menjaga produk agar tetap segar dan terjaga kualitasnya. Kemasan kaca biasanya digunakan untuk minuman keras, kosmetik, dan produk-produk makanan premium.

5. Kemasan vakum

Jenis-jenis kemasan vakum digunakan untuk produk-produk makanan yang membutuhkan pengemasan khusus

Kemasan vakum digunakan untuk produk-produk makanan yang membutuhkan pengemasan khusus untuk menjaga kesegarannya. Dalam kemasan vakum, udara di dalam kemasan dikeluarkan sehingga makanan terhindar dari oksidasi dan perkembangan bakteri. Kemasan vakum biasanya digunakan untuk produk-produk makanan seperti daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan.

Fungsi-Fungsi Kemasan Produk atau Packaging

Setelah mengetahui jenis-jenis kemasan yang tersedia, Anda juga perlu mengetahui fungsi packaging dalam suatu bisnis catering. Mulai dari melindungi produk makanan Anda hingga menjaga kualitas produk sesuai standarisasi perusahaan.

1. Melindungi Produk

Fungsi utama dari kemasan produk adalah untuk melindungi produk dari kerusakan selama proses pengiriman dan penyimpanan. Kemasan produk juga melindungi produk dari faktor lingkungan seperti kelembaban, panas, dan cahaya yang dapat mempercepat kerusakan produk.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Kemasan produk dapat membantu meningkatkan brand awareness atau kesadaran brand. Kemasan produk yang menarik dan inovatif dapat menarik perhatian konsumen dan membuat brand Anda mudah diingat. Kemasan produk yang bagus juga dapat membantu membedakan brand Anda dari brand lain yang serupa. Anda juga dapat memanfaatkan tas yang mengemas produk yang akan dikirimkan.

3. Menyampaikan Informasi

Kemasan produk juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang produk. Informasi seperti instruksi penggunaan, bahan baku, dan sertifikasi produk dapat disampaikan melalui kemasan produk.

Baca juga:  5 Produk Training Kit untuk Acara Kantor yang Bisa Selesai Dalam 3 Hari

4. Meningkatkan Nilai Produk

Kemasan produk yang menarik dan inovatif dapat meningkatkan nilai produk. Sebagai contoh, produk yang sama dengan kemasan yang berbeda dapat memiliki harga yang berbeda pula. Kemasan produk yang lebih baik dapat menambah nilai produk Anda.

5. Menjaga Kualitas Produk

Kemasan produk dapat membantu menjaga kualitas produk. Kemasan yang baik dapat membantu mempertahankan rasa, aroma, dan kesegaran produk lebih lama. Hal ini akan berpengaruh terhadap feedback yang diberikan oleh customer perusahaan Anda.

Pentingnya Kemasan Produk

Jenis-jenis kemasan yang menarik dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness

Setelah mengetahui jenis-jenis kemasan dan fungsi-fungsinya, Anda juga perlu memahami pentingnya kemasan produk dalam bisnis Anda. Bukan semata-mata untuk melindungi produk Anda, tetapi kualitas dari kemasan produk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang akan meningkatkan penjualan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

1. Memperkuat Brand Anda

Kemasan produk dapat membantu memperkuat brand Anda. Kemasan produk yang menarik dan inovatif dapat membantu membuat brand Anda mudah diingat dan membedakan brand Anda dari brand lain yang serupa. Selain itu, kemasan produk juga dapat memberikan citra positif bagi brand Anda.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kemasan produk yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Kemasan yang bagus dapat memberikan kesan profesional dan dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda. Konsumen akan merasa aman ketika melihat jenis-jenis kemasan yang perusahaan Anda gunakan tampak berkualitas dan menjaga produk dengan aman.

3. Memenuhi Persyaratan Hukum

Kemasan produk juga harus memenuhi persyaratan hukum yang berlaku. Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda terkait dengan kemasan produk, seperti tanda keamanan, label, dan sertifikasi produk. Memenuhi persyaratan hukum ini sangat penting untuk menghindari masalah hukum dan menjaga kredibilitas brand Anda.

4. Meningkatkan Penjualan

Kemasan produk yang menarik dan inovatif dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Kemasan produk yang menarik dapat menarik perhatian konsumen dan membujuk branda untuk membeli produk Anda. Selain itu, kemasan produk yang baik juga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membuat brand kembali membeli produk Anda. Anda juga dapat memanfaatkan barang unik lainnya seperti merchandise kantor untuk customer yang membeli banyak produk.

Baca juga:  10 Tips Mengirimkan Hampers Natal agar Lebih Aman Sampai Tujuan

5. Mengurangi Biaya Kerusakan Produk

Kemasan produk yang baik dapat membantu mengurangi biaya kerusakan produk. Kemasan produk yang kuat dan tahan lama dapat melindungi produk Anda dari kerusakan selama proses pengiriman dan penyimpanan. Dengan mengurangi biaya kerusakan produk, Anda dapat menghemat biaya dan meningkatkan keuntungan Anda.

Contoh-Contoh Kemasan Produk

Kemasan dengan bentuk unik jadi daya tarik tersendiri bagi customer

Kemasan produk sangatlah penting untuk memikat konsumen membeli produk tertentu. Kemasan yang menarik dapat membedakan produk dari pesaing dan membuatnya menonjol di rak. Berikut adalah beberapa contoh kemasan produk yang menarik dan kreatif:

1. Botol kaca berbentuk unik

Botol kaca berbentuk unik dapat menarik perhatian konsumen. Sebagai contoh, ada botol kaca berbentuk seperti labu yang digunakan untuk produk minuman keras, atau botol kaca berbentuk apel yang digunakan untuk jus buah. Bentuk kemasan yang unik dapat membuat produk menjadi lebih menarik dan mudah dikenali.

2. Kemasan minimalis

Kemasan minimalis menjadi tren belakangan ini, terutama pada produk-produk kosmetik dan perawatan kulit. Kemasan dengan desain minimalis mengutamakan kesederhanaan dan elegan. Contohnya adalah produk perawatan kulit dengan kemasan berwarna putih dengan font hitam yang simpel dan elegan.

3. Kemasan ramah lingkungan

Kemasan ramah lingkungan semakin diminati oleh konsumen yang peduli dengan lingkungan. Kemasan ramah lingkungan dapat berupa kemasan yang dapat didaur ulang, menggunakan bahan-bahan daur ulang, atau bahkan kemasan yang terbuat dari bahan organik. Contoh kemasan ramah lingkungan adalah botol minuman yang terbuat dari kaca. Gunakan barang lainnya yang eco-friendly seperti alat tulis dari bahan bambu.

4. Kemasan dengan ilustrasi menarik

Kemasan dengan ilustrasi menarik dapat menambah daya tarik produk. Ilustrasi yang menarik dapat membuat produk menjadi lebih menarik dan mudah dikenali. Contoh kemasan dengan ilustrasi menarik adalah produk makanan dengan ilustrasi gambar makanan yang menggugah selera.

5. Kemasan dengan bentuk yang dapat digunakan kembali

Kemasan dengan bentuk yang dapat digunakan kembali dapat menambah nilai guna produk. Contohnya adalah botol minuman dengan bentuk yang dapat digunakan ulang, atau kemasan makanan dengan bentuk kotak yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan.

Itulah beberapa contoh kemasan produk yang menarik dan kreatif. Kemasan yang menarik dapat memperkuat citra brand dan meningkatkan penjualan produk. Namun, selain menarik, kemasan juga harus aman, fungsional, dan sesuai dengan tujuan produk.

Lokasoka menawarkan pelayanan untuk membuat macam-macam souvenir, merchandise, dan hadiah lainnya termasuk jenis-jenis kemasan untuk perusahaan maupun catering. Pelayanan yang kami berikan berupa desain logo gratis sebanyak dua kali dan konsultasi mengenai budget maupun memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan keinginan klien. Hubungi Admin Lokasoka sekarang melalui nomor WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan penawaran menarik.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat