Jenis-Jenis Pameran Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan dan Fungsinya

5 menit membaca

Pameran merupakan sebuah ajang untuk mempresentasikan atau mengenalkan suatu produk atau hasil karya kepada masyarakat.Seperti yang banyak ditemui, jenis pameran ada banyak macamnya. Mulai dari pameran seni, pameran teknologi, pameran fashion, dan lain-lain. 

Jenis-jenis pameran tersebut dapat dibedakan berdasarkan waktu penyelenggaraan, fungsi, serta jenis karya. Masing Masing-masing kategori pameran memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.Masing-masing kategori pameran memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.

Walau memiliki latar belakang dan maksud yang berbeda, namun pada dasarnya pameran bertujuan untuk membuat produk atau karya yang dihasilkan lebih banyak dikenal masyarakat luas. Oleh sebab itu, biasanya dalam suatu pameran akan ada banyak produk atau karya yang dipamerkan. 

Jenis pameran dapat dibedakan berdasarkan waktu penyelenggaraan dan fungsi pameran itu sendiri. Berikut informasi mengenai jenis pameran yang bisa Anda simak. Namun, sebelum itu simak juga Ingin promosi dengan merchandise semakin efektif? ketahui waktu yang tepat untuk membagikannya. Yuk, disimak!

Jenis Pameran Berdasarkan Jangka Waktu Diselenggarakannya

Pameran dapat diselenggarakan secara temporer atau dalam jangka waktu tertentu (sumber: Pexels)

Tidak semua pameran yang diselenggarakan bersifat tetap atau permanen. Oleh sebab itu, jenis pameran dapat dibedakan berdasarkan lama waktu diselenggarakannya pameran. Berikut jenis pameran berdasarkan jangka  waktunya. 

1. Pameran Tetap Atau Permanen

Pameran tetap atau pameran permanen, merupakan jenis pameran yang diselenggarakan tanpa terikat jangka waktu tertentu. Jenis pameran ini pada umumnya memiliki tempat pameran yang bersifat permanen, sehingga tidak  perlu repot berpindah-pindah tempat.

Pameran tetap seringkali menampilkan koleksi berupa karya seni, artefak, atau objek lainnya yang dimiliki oleh institusi tertentu. Tujuan utama dari pameran tetap adalah untuk memberikan informasi berkelanjutan kepada masyarakat luas.. Pameran jenis ini biasa diadakan di area museum, galeri seni, dan lain-lain.

Baca juga:  25 Jenis Bahan Kaos Polos yang Adem, Cocok untuk Kulit Sensitif, dan Terlengkap

2. Pameran Temporer

Berlawanan dengan pameran tetap, pameran temporer merupakan jenis pameran yang memiliki jangka waktu tertentu. Jenis pameran ini juga tidak memiliki tempat penyelenggaraan yang pasti, sehingga akan terus berpindah-pindah.

Pameran temporer biasa diadakan saat musim-musim atau event tertentu, seperti acara ulang tahun, peringatan hari besar, dan lain-lain. Dalam sekali acara, pameran temporer biasa dimeriahkan oleh banyak tenant-tenant yang berpartisipasi. 

3. Pameran Periodik

Pameran periodik adalah pameran yang diadakan secara rutin pada rentang waktu tertentu, seperti tahuna ataupun bulanan. Tujuan dari pameran periodik adalah untuk memberikan wadah bagi seniman, desainer, atau kreator untuk memamerkan karya terbaru mereka. 

Beberapa pameran periodik memiliki tempat yang pasti, sehingga setiap kali diselenggarakan pengunjung sudah hafal tempat diselenggarakannya. Contoh dari pameran periodik adalah Jakarta Fair, yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali.

Jenis Pameran Berdasarkan Fungsinya

Pameran dapat berfungsi sebagai ajang apresiasi bagi para kreator atau seniman (sumber: pexels)

Setiap pameran memiliki tujuan dan target pasarnya tersendiri. Hal inilah yang membuat jenis pameran juga dapat dibedakan berdasarkan fungsi atau tujuan diadakannya. Berikut jenis pameran berdasarkan fungsinya.

1. Fungsi Apresiasi

Pameran fungsi apresiasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, untuk memberikan apresiasi terhadap seni dan budaya. Jenis pameran ini biasanya menampilkan koleksi karya-karya tertentu, untuk memperlihatkan keindahan, teknik, dan nilai artistik. 

Jenis pameran ini juga bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang berbagai aspek seni. Contohnya dari pameran ini, antara lain museum, galeri seni, dan pameran tematik yang mengeksplorasi sejarah seni atau budaya tertentu. Umumnya jenis pameran ini tidak menyediakan transaksi jual beli di dalamnya dan murni hanya untuk ajang apresiasi. 

Baca juga:  Ini Dia 7 Manfaat Corporate Gift Akhir Tahun Untuk Rekan Bisnis
Merchandise

2. Fungsi Prestasi

Sementara itu, pameran dengan fungsi prestasi fokus pada penghargaan dan pengakuan terhadap pencapaian kreatif individu atau kelompok. Pameran ini sering kali bersifat kompetitif dan mencakup penilaian oleh juri profesional. 

Contoh pameran ini termasuk kompetisi seni, pameran pemenang penghargaan, dan festival yang memberikan platform bagi seniman untuk menunjukkan prestasi mereka dan bersaing untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan.

Contoh Pameran yang Kerap Diselenggarakan

Di Indonesia ada banyak contoh pameran, salah satunya pameran tekstil (sumber: Pexels)

Di Indonesia ada banyak pameran yang sudah diselenggarakan dari puluhan tahun silam. Pameran tidak hanya berupa pameran seni, namun ada pula pameran-pameran lainnya yang sayang untuk Anda lewati. Berikut contoh pameran yang sering diselenggarakan di Indonesia. 

1. Pameran Tekstil

Contoh pameran yang pertama adalah pameran tekstil. Pameran tekstil merupakan ajang penting yang menampilkan keindahan, keragaman, dan inovasi dalam dunia kain dan busana. Jenis pameran ini tidak hanya berfokus pada aspek estetika, tetapi juga pada sejarah, budaya, dan teknologi yang terlibat dalam pembuatan tekstil. 

Melalui pameran tekstil, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai dimensi dari seni tekstil, mulai dari teknik tradisional hingga desain kontemporer yang inovatif.

2. Pameran Teknologi

Pameran teknologi merupakan ajang penting untuk memamerkan inovasi produk, dan layanan di bidang teknologi. Jenis pameran ini sering kali menjadi ajang bagi perusahaan, peneliti, dan pengembang untuk menunjukkan penemuan dan aplikasi teknologi terkini kepada masyarakat. 

Contoh pameran teknologi, antara lain seperti pamerah handphone, laptop, pc dan berbagai barang elektronik lainnya. Di pameran ini biasanya pengunjung dapat menemukan berbagai seri gadget, mulai dari yang langka hingga yang masih jadi wacana. 

3. Pameran Otomotif

Contoh pameran lainnya ada pameran otomotif. Pameran otomotif adalah ajang bergengsi yang menampilkan inovasi, desain terbaru, dan teknologi mutakhir dalam industri otomotif. Pameran ini menampilkan kendaraan dari berbagai merek internasional, termasuk mobil konsep, model produksi terbaru, dan teknologi otomotif mutakhir.

Baca juga:  7 Ide Anniversary Kantor Paling Seru dari BRI, Krakatau Posco, Xiaomi, dan Lokasoka

Adanya pameran ini menjadi wadah bagi produsen mobil, perusahaan teknologi, dan desainer otomotif untuk memperkenalkan kendaraan baru, memamerkan konsep masa depan, dan menjalin hubungan dengan konsumen serta profesional industri.

4. Pameran Kuliner

Contoh pameran yang tidak kalah menariknya adalah pameran kuliner. Biasanya pameran kuliner memiliki konsep yang berbeda-beda di setiap gelaran, misalnya konsep makanan western, lokal food, atau jajanan tempo dulu, Biasanya di pameran kuliner Anda tidak hanya dapat melihat, tetapi juga dapat mencicipi aneka ragam kuliner. 

Pameran ini merupakan tempat berkumpulnya chef, produsen makanan, pecinta kuliner, dan profesional industri untuk berbagi kreasi, mengeksplorasi tren baru, dan menikmati pengalaman gastronomi yang unik. Pameran kuliner memainkan peran penting dalam mempromosikan kekayaan kuliner, mendorong inovasi melalui makanan. 

5. Pameran Literasi

Pameran literasi adalah ajang penting yang menampilkan karya-karya terbaru dalam dunia literasi, mulai dari buku fiksi, non-fiksi, ilmiah, hingga komik dan buku anak-anak. Pameran ini menjadi tempat bertemunya penulis, penerbit, distributor, pembaca, dan pecinta buku untuk berbagi karya, ide, dan inspirasi. 

Di pameran ini Anda dapat melihat berbagai judul buku dari berbagai penulis, mulai dari penulis baru hingga penulis ternama. Adanya pameran literasi menjadi wadah apresiasi bagi para penulis untuk terus berkarya dalam dunia literasi.

Itu dia informasi tentang Jenis pameran yang dapat dibedakan berdasarkan waktu penyelenggaraan dan fungsi pameran itu sendiri. pameran tidak hanya sekadar ajang memamerkan produk atau karya, tetapi juga sebagai alat yang kuat untuk pendidikan, inovasi, kolaborasi, dan perayaan budaya. 

Simak juga artikel Lokasoka Lainnya 5 Starter Kit Pameran yang Wajib Dipersiapkan untuk Kesuksesan Acara. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah. 

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat