10 Ide Hadiah Free Gift untuk Apresiasi Customer Setia

5 menit membaca

Bagi banyak perusahaan, loyalitas pelanggan tentu menjadi hal utama yang harus diperjuangkan. Untuk menarik loyalitas pelanggan tersebut salah satu cara yang kerap digunakan oleh beberapa perusahaan adalah memberikan apresiasi berupa hadiah atau yang disebut juga dengan free gift.

Selain meningkatkan loyalitas, free gift juga dapat menjadi strategi marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan jumlah customer. Sebagai strategi marketing, free gift bisa dibagikan pada saat perusahaan mengikuti atau mengadakan suatu event. 

Untuk customer setia, perusahaan dapat memberikan free gift sebagai bentuk apresiasi. Dengan begitu, customer akan merasa dihargai dan memberikan feedback baik perusahaan di mata publik. 

Berikut ini ada sepuluh ide free gift yang bisa jadi inspirasi di perusahaan Anda.  Namun, sebelum itu simak juga 4 Perbedaan Notebook dan Agenda, yang Cocok Dijadikan Suouvenir. Yuk, disimak!

3 Manfaat Free Gift Sebagai Strategi Marketing

Free gift dan souvenir hingga saat ini masih jadi salah satu strategi marketing yang ampuh bagi beberapa perusahaan. Sebab, pemberian souvenir ini secara tidak langsung menunjukkan loyalitas perusahaan pada customernya. Dengan begitu, potensi customer memberikan feedback yang baik akan semakin besar. Berikut manfaat dari pemberian free gift.

1. Meningkatkan Loyalitas Customer

Sesekali tidak ada salahnya memberikan apresiasi pada customer setia berupa hadiah free gift ataupun souvenir. Pemberian hadiah ini menjadi simbolis rasa terima kasih perusahaan pada customer yang sudah mempercayakan kebutuhannya selama bertahun-tahun. Apresiasi ini tentunya akan membuat customer merasa dihargai, sehingga mereka juga tidak segan untuk memberikan loyalitasnya.

Baca juga:  10 Komponen Penting Dalam Desain Kalender yang Wajib Diketahui

2. Menarik Perhatian Customer Baru

Pemberian free gift ini tak hanya dapat menarik perhatian customer setia, tetapi juga berpotensi memperluas pasar dan meningkatkan customer baru. Supaya salam perkenalan perusahaan Anda semakin diingat customer, pemberian free gift maupun souvenir bisa jadi solusi yang ampuh. Perusahaan bisa memberikan souvenir saat menghadiri suatu event, seperti expo yang dihadiri banyak orang. 

3. Mendapatkan Feedback Baik dari Customer

Free gift juga meningkatkan potensi perusahaan Anda mendapat feedback baik dari customer. Sebab pemberian free gift ini menunjukkan loyalitas perusahaan pada customer. Dengan begitu, setidaknya satu feedback baik tentang loyalitas perusahaan sudah bisa didapatkan.

Ide Hadiah Free Gift untuk Customer Setia

Hadiah free gift tidak selalu harus mahal, karena yang penting adalah hadiah ini dapat menunjukkan ketulusan perusahaan pada customernya. Berikut ini ada sepuluh ide hadiah free gift yang bisa jadi inspirasi Anda untuk diberikan pada customer. 

1. Sampel Produk Baru

Jika perusahaan Anda berkaitan dengan produk, maka free gift paling sederhana yang bisa diberikan adalah sampel produk baru. Para customer setia tentunya akan antusias saat perusahaan Anda launching produk baru. Oleh karena itu, biarkan mereka menjadi orang pertama yang mencoba produk baru tersebut. 

2. Kupon Diskon

Selain sampel produk, Anda juga bisa memberikan kupon diskon atau potongan harga sebagai free gift. Kupon diskon ini berpotensi menarik perhatian customer baru untuk mencoba produk ataupun jasa perusahaan Anda. Sedangkan untuk customer lama, potongan diskon ini menjadi reward karena sudah setia dengan perusahaan Anda. 

3. Produk Perawatan Diri

Hadiah free gift lainnya yang bisa jadi inspirasi Anda adalah produk perawatan diri. Bagi beberapa orang, produk-produk perawatan diri seperti hand cream, body cream, sunscreen, dan lain-lain bisa jadi penambah semangat. Oleh karena itu, produk perawatan diri ini cocok dipilih sebagai hadiah. Supaya lebih menarik, Anda bisa bekerja sama dengan brand terkait agar produk yang digunakan lebih terlihat relevan. 

Baca juga:  Ungkapkan Rasa Terima Kasih Dengan 10 Ide Kado Untuk Hari Ibu Berikut

4. Tote Bag

Salah satu barang yang kerap dijadikan souvenir maupun free gift  oleh beberapa perusahaan adalah tote bag. Walau sederhana, namun pemberian tote bag sangat bermanfaat bagi banyak orang. Selain sederhana, tote bag juga dapat dengan mudah Anda custom sesuai dengan desain yang diinginkan. Dengan begitu barang ini tak hanya sekadar hadiah, tetapi juga bisa jadi strategi marketing. 

5. Aromaterapi

Selain tote bag, aroma terapi juga termasuk barang yang cocok dijadikan souvenir di berbagai kesempatan. Sebagai free gift, Anda bisa memilih aroma terapi dalam bentuk lilin, oil, ataupun sabun. Keharuman aromaterapi umumnya disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, barang yang blsatu ini cocok dipilih sebagai hadiah free gift.

6. Tumbler

Karena pemakaian tumbler di masyarakat saat ini cukup tinggi, maka tidak ada salahnya jika Anda memilih tumbler sebagai free gift. Memilih tumbler sebagai souvenir tentunya bisa menarik minat calon customer. Pilihlah tumbler dengan desain semenarik mungkin, supaya lebih banyak menarik minat customer. 

7. Gantungan Kunci

Barang sederhana yang bisa Anda pilih juga adalah gantungan kunci. Bagi beberapa orang gantungan kunci adalah barang yang menarik, sehingga ketika ada yang memberikan secara gratis maka ia akan sangat antusias. Supaya free gift ini terus diingat penerima, disarankan untuk memilih gantungan dengan desain yang anti mainstream dan agak mencolok perhatian. 

8. Coklat

Siapa yang tak suka cokelat? makanan manis yang satu ini hampir disukai oleh semua orang. Untuk free gift yang simple namun berkesan, Anda bisa memilih coklat sebagai pilihannya. Selain rasanya yang nikmat, coklat juga bisa jadi daya tarik customer karena packagingnya yang menarik. Perpaduan nikmatnya coklat dan packaging yang menarik, membuat alat ini cocok digunakan sebagai alat marketing. 

Baca juga:  15 Ide Hiasan Meja Kantor yang Unik dan Jarang Dilihat

9. Cermin

Salah satu benda yang tak kalah ampuh untuk digunakan sebagai alat marketing adalah cermin. Bagi beberapa orang terutama para perempuan, cermin jadi salah satu benda yang tak boleh ketinggalan saat pergi. Maka dari itu, memberikan free gift berupa cermin dapat jadi andalan Anda untuk menarik perhatian customer baru. Bagi customer setia, pemberian hadiah ini tentunya juga akan sangat menyenangkan. Jangan lupa, untuk melakukan personalisasi cermin dengan identitas perushaan. 

10. Kipas

Free gift terakhir yang tak kalah menarik adalah kipas. Walau jarang digunakan, namun keberadaan kipas di saat-saat tertentu sangat dibutuhkan. Maka dari itu, kipas termasuk juga barang yang sederhana namun bermanfaat. Kipas juga memiliki area luas yang memudahkannya untuk didesain. Dengan begitu, strategi marketing Anda juga bisa terlaksana. 

Itu dia 10 ide hadiah free gift untuk customer royal. Walau hadiah sederhana, namun pemberian apresiasi kecil ini sangat bermakna bagi customer. Dengan begitu customer juga akan memberikan loyalitasnya pada perusahan. 

Baca juga artikel Lokasoka lainnya lainnya, 4 Jenis Kalender Terlaris untuk Souvenir Kantor.  Jika Anda berencana membuat hadiah custom, Lokasoka dapat membantu Anda dalam pembuatan hadiah custom kualitas terbaik. Lokasoka merupakan platform digital untuk kustomisasi hadiah, souvenir, merchandise, goodie bag dan berbagai produk gifting. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya terkait kostumisasi hadiah

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat