Oleh-oleh khas Bali

Jalan-Jalan Ke Bali? Jangan Lewatkan 10 Oleh-Oleh Terpopuler Ini

4 menit membaca

Bali atau yang dijuluki sebagai Pulau Dewata,  menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Provinsi ini sangat terkenal dengan keindahan alam, terutama pantai-pantainya yang menawan. Namun, selain memiliki keindahan alam, Bali juga memiliki historikal budaya yang mendalam. 

Keindahan alam dan historikal budaya ini banyak digambarkan dalam tradisi-tradisi masyarakat di Bali, maupun benda-benda tradisional dan seni kerajinan tangan. Seni pertunjukan tradisional seperti tarian Bali, wayang kulit, dan gamelan merupakan bagian penting dari warisan budaya Bali. 

Berkunjung ke Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Bali. Mulai dari makanan, minuman,  hingga aneka aksesoris khas Bali bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk teman kantor dan keluarga.

Jika Anda sedang mencari inspirasi oleh-oleh khas Bali, berikut sepuluh rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda pilih. Sebelum itu, baca juga 10 Daftar Toko Souvenir Jakarta Selatan dengan Peringkat Terbaik. Yuk, disimak!

1. Pai Susu

Pai susu merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Bali yang terpopuler (sumber: pinterest)

Pai susu menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali yang sangat populer, terutama di kalangan  anak muda. Makanan manis berbentuk pastry ini banyak digemari turis lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu, saat ini pai susu menjadi ikon dari Pulau Dewata. 

Ada banyak merek pai susu di Bali yang bisa Anda coba. Beberapa merek pai susu yang populer, antara lain pai susu Dhian, pai susu Enaaak, pai susu Ajik, pai susu Nirmala, dan lain-lain. Aneka macam merek pai susu tersebut, bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh yang ada di Balisolo so

2. Kacang Disco

Oleh-oleh khas Bali yang juga tak kalah populer adalah kacang disco. Kacang disco merupakan olahan kacang tanah yang dilumuri tepung dan digoreng sampai garing. Kacang ini tersedia dalam berbagai macam rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera. 

Baca juga:  Mengenal Sejarah Souvenir yang Ada Sejak Zaman Kuno dari Eropa

Jika Anda menyukai camilan yang gurih, kacang disco cocok jadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Harganya Pun cukup terjangkau, mulai dari 20 ribuan Anda bisa membawa pulang kacang disco khas Pulau Dewata ini. 

3. Pia Legong

Selain pai susu, pastry lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Bali adalah pia legong. Kue yang satu ini memiliki tekstur renyah di luar, namun lembut di dalam. Tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, kacang hijau, dan lain-lain yang nikmat saat pertama kali dirasakan. 

Konon, sebutan “legong” pada makanan ini diambil dari salah satu tarian adat Bali, yakni tari legong. Makanan manis ini, cocok disantap saat berkumpul bersama rekan atau keluarga untuk teman minum teh maupun kopi. 

4. Cokelat Bali

Makanan manis lainnya yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Cokelat Bali. Saat ini cokelat jadi oleh-oleh kekinian yang banyak digemari anak muda saat pulang dari kota yang dijuluki sebagai pulau seribu pura ini. 

Cokelat bali memiliki ciri khas tersendiri, yakni cokelat berukuran besar dipotong persegi kecil-kecil menjadi banyak bagian. Biasanya bagian atas cokelat bali juga dilengkapi dengan serbuk aneka rasa, seperti cokelat, matcha, ataupun stroberi. 

5. Kopi Kintamani

Selain makanan manis, Bali juga punya oleh-oleh khas minuman favorit banyak orang, yakni kopi. Kopi kintamani merupakan kopi yang berasal dari wilayah pegunungan Kintamani, Bali yang berada di bawah kaki Gunung Batur. 

Bagi pecinta kopi, sajian kopi arabika khas Bali ini tidak boleh Anda lewatkan sebagai oleh-oleh.  Sebab kopi kintamani memiliki ciri khas berupa aroma jeruknya yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan kopi kintamani ditanam berdampingan dengan pohon jeruk, sehingga menghasilkan aroma yang khas. 

Baca juga:  15 Tips Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula

6. Baju Barong

Kain Bali menjadi salah satu oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan (sumber: Pixabay)

Selain makanan, ada pula oleh oleh berupa aneka kerajinan dan asessoris, salah satunya adalah baju barong. Barong adalah makhluk mitologis dalam tradisi Bali yang sering digambarkan dalam bentuk topeng atau kostum dalam ritual Bali.

Biasanya kaos bergambar “barong” ini banyak dijual di tempat-tempat wisata, hingga menjadi ikon dari oleh-oleh khas Bali. Umumnya baju barong ini menggunakan bahan yang tipis dan adem saat digunakan, dengan berbagai macam warna. 

7. Kain Bali

Oleh-oleh Bali lainnya yang bisa jadi inspirasi Anda adalah kain Bali. Kain Bali sudah sangat melekat di kehidupan masyarakat Bali, sebagai pakaian untuk upacara-upacara penting. 

Ada banyak jenis kain khas Bali yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Masing-masing kain memiliki nilai filosofis tersendiri, yang tidak lepas dari sejarah panjang kebudayaan masyarakat setempat.

8. Udeng 

Udeng menjadi salah satu pakaian khas Bali yang sangat ikonik (sumber: pinterest)

Selain kain, udeng juga menjadi ikonik pakaian dari masyarakat Bali. Udeng Bali adalah sebuah penutup kepala tradisional yang digunakan oleh para pria Bali dalam berbagai kesempatan, mulai dari upacara keagamaan hingga perayaan adat.

Jika Anda menyukai barang-barang berfilosofis dan mengandung nilai budaya, udeng bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang tepat. Sebagai salah satu simbol kebudayaan Bali, Udeng menjadi oleh-oleh yang bermakna bagi wisatawan yang ingin membawa pulang potongan kekayaan budaya Bali.

9. Kebaya Bali

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang biasa digunakan oleh wanita Indonesia pada acara-acara tertentu. Kebaya terdiri atas berbagai macam motif dan model, yang sangat cantik saat digunakan. Salah satu jenis kebaya yang populer di Indonesia adalah kebaya Bali. 

Kebaya Bali memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan kebaya lain. Ciri khas ini dapat dilihat pada seutas kain yang dililitkan di bagian pinggang. Bagi pecinta kebaya, kesempatan membeli kebaya Bali di tempat asalnya langsung tidak boleh dilewatkan. 

Baca juga:  15 Tips Memilih Jenis-Jenis Tas yang Tepat untuk Setiap Acara

10. Kaos Joger

Oleh-oleh khas Bali lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kaos Joger. Joger merupakan salah satu brand souvenir di Bali yang namanya sudah populer di Indonesia. Brand ini sudah berdiri sejak tahun 1981 dan masih eksis hingga saat ini. 

Salah satu ciri khas dari kaos Joger adalah memiliki berbagai tulisan dan gambar-gambar yang unik. Tulisan-tulisan yang cukup mencolok tersebut mampu menarik perhatian wisatawan untuk membeli produknya. Selain kaos, joger juga punya berbagai macam barang lainnya, seperti tas, sendal, dan lain-lain. 

Itu dia sepuluh oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda pilih dan bawa pulang untuk buah tangan. Selain memiliki keindahan alam, Bali juga kental akan tradisi dan budaya yang melekat di masyarakat. Hal ini tercermin pada berbagai macam oleh-oleh yang memiliki filosofis tinggi seperti udeng dan kebaya Bali. Baca juga 15 Ide Hadiah Doorprize Supaya Gathering Kantor Makin Seru.

Lokasoka merupakan platform kustomisasi hadiah yang dapat memberikan solusi tepat untuk pembuatan souvenir Anda. Jika berencana membuat kustom hadiah, Lokasoka menyediakan berbagai jenis souvenir, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi nomor WhatsApp Admin Lokasoka untuk mengetahui berbagai info menarik lainnya.  

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat