Ukuran Koper Kabin, Koper Sedang, dan Koper Besar dan Cara Memilih Sesuai Kebutuhan Anda

5 menit membaca
Simak beragam ukuran koper yang tersedia di Lokasoka, bisa custom logo dan nama perusahaan gratis
Simak beragam ukuran koper yang tersedia di Lokasoka, bisa custom logo dan nama perusahaan gratis (Sumber: Canva)

Koper adalah jenis tas yang sudah biasa dipakai oleh banyak orang untuk bepergian jauh maupun dekat. Namun masih banyak orang yang belum mengerti perbedaan ukuran koper sehingga perlu membaca artikel ini. Bukan hanya tentang perbedaan, dapatkan juga beragam tips memilih koper yang sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda masih penasaran dengan jenis tas koper, baca juga artikel 5 Tips Packing Koper Mudik Agar Muat Banyak di Hari Libur Lebaran. Anda bisa mengetahui rekomendasi barang yang harus dibawa, tips menghemat ongkos, serta tips packing agar muat banyak. Selamat membaca!

Koper bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi tetapi juga kebutuhan bisnis. Dimana Anda bisa memberikan koper sebagai hadiah bagi klien bisnis Anda. Jangan lupa sematkan logo dan nama perusahaan Anda sebagai pemberi koper tersebut serta meningkatkan brand awareness secara perlahan. Simak artikel berikut ini dari awal hingga akhir!

Cara Memilih Koper Sesuai Kebutuhan

Pilih ukuran koper yang Anda butuhkan di Lokasoka sekarang juga, dapatkan harga terbaik dari pengrajin lokal
Pilih ukuran koper yang Anda butuhkan di Lokasoka sekarang juga, dapatkan harga terbaik dari pengrajin lokal (Sumber: Pexels)

1. Menentukan Jenis Perjalanan

Terdapat dua jenis perjalanan jauh yang akan Anda tempuh, antara lain yaitu perjalanan wisata, dan perjalanan bisnis, durasi dari dua perjalanan ini juga bisa tergantung. Pilihlah koper dengan desain dan fitur sesuai dengan jenis perjalanan Anda, jika Anda hendak melakukan wisata, maka pilih koper dengan muatan besar agar dapat memuat banyak cinderamata. Namun, jika hanya perjalanan bisnis yang tergolong singkat, Anda cukup menggunakan koper sedang dengan keamanan tonggi, pilih desain ringkas nan elegan untuk menemani perjalanan Anda

Baca juga:  Apa itu Gathering Kantor? Ini dia 5 Manfaat dan Persiapannya

2. Bandingkan Durabilitas Setiap Koper

Durabilitas selain penting kala dalam perjalanan, juga penting untuk penggunaan jangka panjang, periksa apakah roda-roda koper Anda cukup kuat menahan beban, dan apakah bahan koper awet untuk dipakai berkali-kali. Hal ini diperlukan agar Anda tidak akan kerepotan kalau koper Anda rusak di waktu yang tidak tepat, juga dapat menghemat pengeluaran agar Anda tidak perku membeli koper setiap kali Anda melakukan perjalanan.

3. Pastikan Bobot dan Ukuran Koper Sesuai

Jika Anda enggan menambah biaya untuk bagasi pesawat dan merasa cukup dengan kabin, maka memilih koper dengan bahan ringan dan fitur ringkas yang akan sangat Anda perlukan dalam perjalanan jauh Anda. Namun, jika Anda harus menggunakan ukuran koper besar, periksakan apakah beban yang Anda bawa sesuai dengan batas ukuran koper maskapai penerbangan.

4. Atur Kesesuian Fitur Tambahan

Jangan sampai fitur tambahan koper seperti roda berputar 360 derajat dan kunci pengaman menghalangi keperluan Anda dalam perjalanan. Periksa ukuran koper yang sesuai agar tidak melewati batas kapasitas internal kabin pesawat, tapi batas ini bisa berbeda tergantung rute penerbangan yang dipilih.

Ukuran Koper Kabin yang Ideal

Ukuran koper kabis yang sesuai seperti apa, pesan saja di Lokasoka dan dapatkan free ongkir ke tempat Anda
Ukuran koper kabis yang sesuai seperti apa, pesan saja di Lokasoka dan dapatkan free ongkir ke tempat Anda (Sumber: Pexels)

1. Koper Kabin

Batas ukuran koper kabin dapat bervariasi tergantung kebijakan maskapai penerbangan pilihan. Namun, secara umum ukuran koper kabin sekitar 20-22 inci x 14-16 inci x 8-10 inci atau sekitar 50-56 cm x 36-40 cm x 20-25 cm. Anda bisa memasukkan 2 pasang pakaian, sepatu, dan peralatan elektronik kecil.

2. Koper Sedang

Jika Anda mempunya rencana bepergian selama satu dua pekan, seperti perjalanan bisnis singkat atau menghadiri undangan, maka koper sedang bisa menjadi pilihan Anda. Koper sedang berukuran sekitar 24-28 inci x 18-20 inci x 10-14 inci atau sekitar 61-71 cm x 45-50 cm x 25-35 cm. Anda bisa memasukkan beberapa pasang pakaian untuk dua hingga tiga orang dan cocok membawa laptop maupun buku-buku.

Baca juga:  Wajib dibawa! 10 Travel kit penting yang harus kamu punya

3. Koper Besar

Bepergian dengan keluarga atau teman biasanya memerlukan banyak barang bawaan, apalagi jika tujuannya berwisata dalam waktu cukup lama, dengan begitu Anda wajib memilih koper besar sebagai wadah perjalanan Anda. Ukuran koper besar biasanya antara 28-32 inci x 20-24 inci x 12-16 inci atau sekitar 71-81 cm x 50-61 cm x 30-40 cm. Bawalah pakaian untuk 1 keluarga Anda dengan koper ini serta peralatan mandi dan peralatan makan jika dibutuhkan.

Dari penjelasan di atas, Jika dijabarkan secara rinci, berikut daftar macam ukuran koper sesuai kebutuhan:

  • Koper kabin kecil: 45 x 32 x 18 cm dengan kapasitas 30-40 liter
  • Koper kabin besar: 50 x 36,5 x 23,4 cm dengan kapasitas 40-45 liter
  • Koper kabin X-besar: 56 x 38 x 24,5 cm dengan kapasitas 40-50 liter
  • Koper sedang: 60 x 43 x 26 cm dengan kapasitas 60-75 liter
  • Koper besar : 69 x 47 x 35,5 cm dengan kapasitas 100-117 liter
  • Koper X-besar: 81 x 55,8 x 35,5 dengan kapasitas 120-130 liter.

Aturan Umum Koper Masuk Kabin

Ada aturan yang harus Anda ketahui jika membaca koper Lokasoka ke bandara (Sumber: Pexels)

1. Kebijakan Membawa Cairan

Maskapai penerbangan memiliki kebijakan dalam membawa cairan, mau berbentuk gel atau aerosol, yaitu tidak boleh lebih dari 100 ml, jika Anda kedapatan membawa lebih dari itu maka maskapai wajib meminta Anda untuk menguranginya. Tapi, kebijakan ini tidak akan berlaku jika Anda membawa bayi atau penderita penyakit tertentu.

2. Kebijakan Barang elektronik

Gadget seperti laptop, handphone, dan power bank adalah barang yang harus melalui pemeriksaan dulu oleh petugas maskapai. Tapi Anda masih diperbolehkan membawa power bank dengan daya maksimum yang ditentukan oleh maskapai penerbangan pilihan Anda.

Baca juga:  Berniat Memesan Hampers Lebaran? Inilah 10 Hal yang Wajib Diperhatikan

3. Kebijakan Barang Tajam

Maskapai penerbangan memiliki kebijakan dalam membawa senjata tajam, mau itu berupa gunting, cutter, apalagi pisau dan silet. Jika Anda kedapatan membawa barang tajam tersebut maka maskapai wajib menyuruh Anda untuk menggunakan bagasi pesawat untuk menyimpan barang tajam tersebut.

4. Kebijakan Senjata Api dan Gas

Senjata api dan gas merupakan barang dalam golongan berbahaya untuk maskapai penerbangan, apalagi jika pembawanya adalah penumpang kelas ekonomi. Maka dari itu amat dilarang keras untuk Anda membawa barang semacam ini karena dapat membahayakan seluruh penumpang pesawat.

Bawalah barang-barang sederhana, seperti pakaian, buku, peralatan mandi, dan peralatan elektronik secukupnya. Pastikan bahwa perjalanan Anda nyaman dan aman dari gangguan. Tidak disarankan juga membawa perhiasan mencolok ketika perjalanan ke luar kota maupun luar negeri karena culture tiap daerah bisa berbeda.

Demikianlah berbagai ukuran koper yang dapat Anda pilih sebagai hadiah maupun kebutuhan pribadi. Baca juga artikel tentang Mengapa Koper 24 Inch dan Koper 20 Inch Banyak Dicari? sehingga Anda dapat membedakan beragam ukuran koper. Biasanya beda ukuran, maka beda juga kebutuhannya. Misalnya koper yang berukuran kecil cocok untuk digunakan dalam perjalanan 1 hingga 2 hari saja. Selamat membaca!

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat